Pengertian Strategi Pembelajaran | Strategi pembelajaran adalah pendekatan atau metode dalam pembelajaran berbentuk pedoman atau kerangka kegiatan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Menurut Seels & Richey, strategi pembelajaran adalah spesifikasi untuk memilih dan mengurutkan proses dan kegiatan-kegiatan dalam suatu pelajaran. Strategi pembelajaran menurut J.R David, 1976 adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Ada dua hal yang patut dicermati dari pengertian di atas. Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunan metode dan penggunaan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Ini berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian, penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan, berbagai fasilitas dan sumber belajar sebelumnya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Oleh sebab itu, sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas dan dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah rohnya dalam implementasi suatu strategi.

Pengertian Strategi Pembelajaran Berbasis Siswa

Strategi pembelajaran berbasis siswa merupakan strategi pembelajaran dimana siswa dituntut peran dalam aktivitasnya secara utuh. Strategi ini didesain untuk membelajarkan siswa. Artinya, sistem pembelajaran menempatkan siswa sebagai subyek belajar. Dengan kata lain, pembelajaran berorientasi pada aktivitas siswa (PBAS). Aktivitas tidak dimaksudkan terbatas pada aktivitas fisik, akan tetapi juga meliputi aktivitas yang bersifat psikis seperti aktivitas mental. Dengan kata lain, terjadi perpaduan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Dalam hal ini guru sebagai fasilitator dan perancang dari pengalaman belajar yang dibutuhkan siswa. Pendekatan ini dikenal dengan istilah pembelajaran siswa aktif.  Pembelajaran siswa aktif dapat diorganisasikan secara individual maupun secara kelompok.

 Macam-Macam Strategi Pembelajaran Berbasis Siswa

Terdapat beberapa macam turunan strategi pembelajaran dan metode pembelajaran  yang merujuk pada strategi pembelajaran berbasis siswa, diantaranya: strategi pembelajaran Inquiry, pembelajaran berbasis masalah, discovery, peningkatan kemampuan berpikir, kooperatif, kontekstual dan simulasi.