Peran Komunikasi dan Public Relation Dalam Perusahaan | Kesuksesan organisasi sangat dipengaruhi oleh kapabilitas dan kompetensi masing-masing individual dan kerjasama antar anggota tim dalam organisasi (Nurrohim, 2009:2). Dalam menjalin kerja sama untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya komunikasi. Ditinjau berdasarkan teknis pelaksanaannya, komunikai dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan melalui media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh mana kemampuannya, penerima pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu kepada orang yang menyampaikan pesan tersebut kepadanya. Komunikasi adalah prasyarat kehidupan manusia. Kehidupan manusia akan tampak hampa apabila tidak ada komunikasi karena tanpa komunikasi, interaksi antar manusia secara perorangan, kelompok ataupun organisasi, tidak mungkin dapat terjadi.

Komunikasi merupakan suatu proses yang berkembang, yaitu dari yang bersifat impersonal menjadi interpersonal. Artinya, adanya peningkatan hubungan di antara para pelaku komunikasi (Saudia, 2010:1). Dalam usaha menciptakan hubungan yang baik sebuah organisasi sangat diperlukan pengertian dan dukungan dari masyarakat agar usaha-usahanya terus dikenal masyarakat  dan mendapatkan selalu tempat dihati masyarakat. Dengan ini Public Relation memiliki peran komunikasi yang membentuk sebuah hubungan yang menciptakan mutual understanding antara organisasi dengan publiknya.

Public Relation atau lebih dikenal dengan Humas (Hubungan Masyarakat) merupakan suatu bidang ilmu pendidikan baru yang sedang berkembang di Indonesia. Public Realtion secara umum diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga atau organisasi dan badan usaha melalui petugas Public Relation untuk merumuskan organisasi atau lembaga guna menciptakan saling pengertian yang lebih baik antara organisasi dan masyarakat (Khor, 2005:1).

Dalam menciptakan hubungan yang baik sebuah organisasi pernah menghadapi masalah yaitu masalah internal (orang-orang yang berkepentingan langsung dalam organisasi) maupun masalah eksternal (masyarakat yang berada di organisasi yang mempunyai hubungan atau kepentingan terhadap organisasi). Hal ini sangat diperlukan pendeskripsian dari peranaan Public Relation itu sendiri agar tercipta keselarasan dalam sebuah lembaga badan usaha.

Perusahaan harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat di sekitarnya dengan cara menjalin hubungan/relasi dengan publik. Tugas Public Relation bukan sekedar menciptakan citra seolah-olah terlihat kuat dengan posisinya namun juga menciptakan hubungan sosial dan mempunyai kinerja sumber daya manusia yang tinggi. Kegitaan eksternal Public Relation yaitu keseluruhan elemen yang berada di luar perusahaan yang tidak berkaitan secara langsung dengan perusahaan seperti masyarakat sekitar perusahan. Dengan begitu akan tercipta hubungan yang harmonis antara perusahan di mata publiknya sehingga perusahan tidak hanya sekedar mengambil keuntungan dari daerah, melainkan ikut peduli dan mau berbagi apa yang diperoleh perusahaan dari lingkungan yang merupakan milik bersama.

Daftar Pustaka Lihat di Artikel Berikut : Pengertian Komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *