TEKNOLOGI INDUSTRI PRIMITIF

Jauh sebelum teknologi pemanfaatan kayu seperti sekarang ini manusia sebenarnya telah memanfaatkan kayu secara tradisional. Sejarah pertama manusia memanfaatkan kayu mungkin sama tuanya dengan sejarah manusia mendiami bumi ini. Pertama-tama kayu digunakan untuk menghangati tubuhnya agar terhindar dari kedinginan. Kemudian berkembang masih jauh sebelum tarih masehi, kayu digunakan untuk pembelaan diri akan keganasan alam waktu itu.
Kayu juga digunakan untuk alat transportasi. Pada zaman ini manusia hanyalah bermaksud agar dapat berpindah tempat apakah selamanya atau untuk sementara, karena mereka harus melewati tebing yang jurang, sungai, lautan dan daratan. Untuk perlindungan keluarga kayu digunakan untuk pondok-pondok kayu sederhana. Mungkin pada zaman ini sudah digunakan kentongan sebagai alat komunikasi semacam ‘air telephone’ masa kini.
Kayu digunakan untuk bahan obat-obatan atau perangsang. Dari cerita rakyat yang masih berkembang, kayu juga digunakan untuk tujuan magis. Ternyata pada mulanya belum memerlukan ilmu dan teknologi khusus. Alat yang digunakan hanya alat potong dan alat belah yang masih primitif. Meja makan cukup dari kayu bela, pada bagian permukaannya digosok dengan batu agar halus untuk tempat meletakkan ubi bakar dan buah-buahan. Ciri di atas masih biasa kita jumpai di daerah pedalaman Irian Jaya sekarang ini


Share this post