PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE PADA MUSHROOM ONLINE SHOP BERBASIS WEB

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE
PADA MUSHROOM ONLINE SHOP
BERBASIS WEB

TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER

Dosen Pengampu :
ERNA DANIATI, S.Kom., M.Kom.

DISUSUN OLEH :

NAMA
1. WINDA GRACETINA
2. RIA ANJANI
3. NIKMATUL NADHIROH
4. RUDI PURNAWAN
5. FEBRI OKI ISWANTORO NPM
12.1.03.03.0044
12.1.03.03.0052
12.1.03.03.0140
12.1.03.03.0157
12.1.03.03.0422

FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI
TAHUN 2014

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia dan rahmatNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Tugas Tengah Semester yang berjudul “Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan”. Dalam penyusunan laporan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat bermanfaat bagi penulis. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Penulis

DAFTAR ISI
SAMPUL DEPAN i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1 1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Batasan Masalah 2
1.4 Tujuan 2
1.5 Manfaat 2
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Sistem Informasi 3
2.2 Pengertian Data dan Informasi 3
2.3 Alat Bantu Perancangan Sistem 4
2.3.1 Context Diagram 4
2.3.2 Data Flow Diagram 5
2.3.3 Entity Relationship Diagram (ERD) 5
2.4 Database 6
2.5 Kamus Data 7
2.6 Software NetBeans IDE 6.9.1 7
2.7 Software Xampp-win32 1.7.3 7
BAB III DESAIN DAN PERANCANGAN
3.1 Analisa Dan Perancangan Sistem 8
3.1.1 Analisis Sistem 8
3.1.2 Perancangan Sistem 10
BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA
4.1 Desain Program 13
4.1.1 Form Login 13
4.1.2 Form Menu Utama 14
4.1.3 Form Data Anggota 15
4.1.4 Form Data Buku 16
4.1.5 Form Data Peminjaman Buku 17
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan 18
5.2 Saran 18

DAFTAR PUSTAKA 19

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam persaingan di bidang usaha/perdagangan yang semakin ketat saat ini, perusahaan dituntut untuk mampu bekerja secara profesional. Setiap pengelolaan usaha dapat berjalan secara profesional jika disuplai dengan informasi yang berkualitas, yaitu secara cepat, tepat, akurat, dan terkini. Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, maka pemakaian teknologi computer dapat dijadikan sebagai alternatif utama, sebab tanpa sistem komputerisasi maka proses-proses di dalam menghasilkan informasi tidak dapat dipakai secara optimal. Setiap proses kerja manual dapat memiliki resiko terjadi kesalahan di dalam pendataan, perhitungan, pelaporan, dan memakan waktu relatif lebih lama. Namun demikian, perkembangan komputer harus ditunjang dengan teknologi perangkat lunak yang baik, sehingga memadai untuk proses pengolahan data.
Dewasa ini, teknologi komputerisasi jauh lebih berkembang lagi dengan keberadaan Internet sebagai media komunikasi global. Selain itu world wide web (WWW) atau disebut web, yang merupakan bagian dari Internet juga mengalami perkembangan yang sangat cepat dan dipandang sangat menguntungkan. Web memiliki kemampuan untuk pendataan, pengeditan, membaca informasi dari server database, mengirim e-mail, dan bahkan menjadi suatu ‘usaha dagang virtual’ di mana pengunjung web dapat memperoleh informasi, memilih produk, dan membayar transaksi secara on-line melalui web.

1.2 Rumusan Masalah
Bagaimana membuat Sistem Informasi Penjualan Online di Mushroom Online Shop dengan menggunakan Software Adobe Dreamweaver CS3 dan Xampp-win32 1.8.0.
1.3 Batasan Masalah
Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Online di Mushroom Online Shop dengan menggunakan Software Adobe Dreamweaver CS3 dan Xampp-win32 1.8.0.
1.4 Tujuan
Membuat Sistem Informasi Penjualan Online di Mushroom Online Shop dengan Software Adobe Dreamweaver CS3 dan Xampp-win32 1.8.0.
1.5 Manfaat
A. Bagi Mahasiswa
Dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web.
B. Bagi Instansi
Dapat memperkaya konsep atau teori yang menyokong perkembangan ilmu pengetahuan manajemen sumber daya manusia, khususnya yang terkait dengan pengaruh media promosi terhadap hasil penjualan pada Mushroom Online Shop.
C. Bagi Perguruan Tinggi
1. Mempersiapkan tenaga didik yang siap pakai.
2. Meningkatkan hubungan kerjasama antar instansi pemerintahan dengan perguruan tinggi yang bersangkutan.
BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Pengertian Sistem Informasi Penjualan
Sistem informasi memiliki beberapa pengertian sebagai berikut (Menurut Kristanto, 2003)
1. Suatu sistem yang berada didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
2. Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan suatu bentuk informasi.
3. Sekumpulan dari prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambilan keputusan atau untuk mengendalikan organisasi.
Definisi penjualan menurut Mulyadi (2008:202), “Penjualan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penjual dalam menjual barang atau jasa dengan harapan akan memperoleh laba dari adanya transaksi-transaksi tersebut dan penjualan dapat diartikan sebagai pengalihan atau pemindahan hak kepemilikan atas barang atau jasa dari pihak penjual ke pembeli.”
Menurut Kolter (1999 : 100) sistem informasi penjualan merupakan suatu sistem yang terdiri dari kumpulan orang, peralatan dan prosedur yang memadukan antara pekerjaan mesin (komputer) dan manusia yang menyajikan keakuratan informasi bagi para pemakai dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah didalam perusahaan.
2.2 Software Adobe Dreamweaver CS3
Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Aplikasi ini menyediakan transfer dan fitur sinkronisasi, kemampuan untuk mencari dan mengganti baris teks atau kode untuk mencari kata atau kalimat biasa di seluruh situs, dan templating feature yang memungkinkan untuk berbagi satu sumber kode atau memperbarui tata letak di seluruh situs tanpa server side includes atau scripting.
2.3 Software Xampp-win32 1.8.0
XAMMP merupakan perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), kepanjangan dari XAMPP yaitu Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin. Xampp –win32 versi 1.8.0 khusus untuk Windows.

BAB III
DESAIN DAN PERANCANGAN

3.1 Analisa Dan Perancangan Sistem
3.1.1 Analisis Sistem
3.1.1.1 Context Diagram (CD)

Gambar 3.1. Contex Diagram Sistem Informasi Penjualan Online

3.1.1.2 Hierarki Diagram

Gambar 3.2 . Hierarki Diagram Sistem Informasi Penjualan Online

3.1.1.3 Data Flow Diagram (DFD)

Gambar 3.3 . Data Flow Diagram Level 1 Sistem Informasi Penjualan Online

3.1.2 Perancangan Sistem
3.1.2.1 Database
Pada tahap ini dilakukan perancangan tabel-tabel yang akan digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan database Sistem Informasi Penjualan Online pada Mushroom Online Shop.
Adapun tabel-tabelnya adalah sebagai berikut :
Tabel 3.1. Tabel Admin
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
id Int 11 Primary Key
username Varchar 35 Username
password Text 0 Password

Tabel 3.2 Tabel Data Barang
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
id Int 11 Primary Key
nama Varchar 35 Nama Barang
deskripsi Text 0 Website Supplier
warna Varchar 25 Warna Barang
ukuran Varchar 15 Ukuran Barang
kategori Varchar 25 Jenis Barang
harga Int 11 Harga Barang
stock Int 11 Jumlah Barang
gambar Varchar 50 Gambar Barang

Tabel 3.3 Tabel Download File
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
id Int 11 Primary Key
judul Text 0 Judul File
deskripsi Text 0
url Text 0 Alamat Download

Tabel 3.4 Tabel Kategori
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
id Int 11 Primary Key
kategori Varchar 25 Jenis Produk

Tabel 3.5 Tabel News
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
tanggal Date 0 Primary Key
judul Varchar 50 Judul Berita
news Text 0 Isi Berita

Tabel 3.6 Tabel Pelanggan
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
id Int 11 Primary Key
nama Varchar 35 Nama Pelanggan
Alamat Text 0 Alamat Pelanggan
Email Text 0 Email Pelanggan
telepon Varchar 25 No. Telepon Pelanggan
username Varchar 20 Username pelanggan
password Text 0 Password Pelanggan

Tabel 3.7 Tabel Testimoni
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
Id int 11 Primary Key
Nama varchar 35 Nama Pelanggan
Email varchar 50 Email Pelanggan
Tanggal date 0 Tanggal Testimoni
testimonial text 0 Isi Testimoni

Tabel 3.8 Tabel Transaksi Rinci
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
notransaksi varchar 25 Primary key
username varchar 20 Username Pelanggan
id int 11 Id pelanggan
nama varchar 60 Nama Barang
harga int 11 Harga Barang
jumlah int 11 Jumlah Barang
subtotal int 11 Total Harga

Tabel 3.9 Tabel Transaksi
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
notransaksi int 11 Primary Key
username varchar 20 Username Pelanggan
status tinyint 1

Tabel 4.0. Tabel Status
Nama Field Tipe Data Size Keterangan
id int int Primary key
no_fak int 10 No faktur
nama Varchar 50 Nama Pelanggan
tanggal Date Tanggal Pengiriman
Resi varchar 50 No Pengiriman

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN ANALISA

4.1 DESAIN PROGRAM
4.1.1 Form Login Admin

Gambar 4.1 Form Login Admin
4.1.2 Form Login Pelanggan

Gambar 4.2 Form Login Pelanggan

4.1.3 Form Menu Utama Admin

Gambar 4.3 Form Menu Utama Admin
4.1.4 Form Menu Kategori

Gambar 4.4 Form Menu Kategori

4.1.5 Form Produk

Gambar 4.5 Form Produk
4.1.6 Form News

Gambar 4.6 Form News
4.1.7 Form Download

Gambar 4.7 Form Download

4.1.8 Form Laporan

Gambar 4.8 Form Laporan

4.1.9 Form Pengiriman Barang

Gambar 4.9 Form Pengiriman Barang

BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang kami lakukan mengenai pembuatan website penjualan online di Mushroom Online Shop, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Aplikasi ini dapat membantu pihak perusahaan dalam mempromosikan produk.
2. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang produk Mushroom Online Shop kepada pelanggan serta memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan pemesanan barang secara online.
3. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola data produk dan data pemesanan barang.

5.2 Saran
Beberapa saran yang mungkin dapat memperbaiki laporan sistem ini, yaitu:
1. Desain atau tampilan pada website masih sederhana sehingga perlu diperbaiki dan dioptimalkan supaya dalam pengaksesan para user merasa nyaman.
2. Adanya penanganan yang lebih baik dalam pengelolaan stok produk.
3. Penanganan pembatalan pesanan ketika ada pelanggan yang telah melakukan pembayaran
4. Website ini masih offline perlu ditambah hosting biar bisa online.

Daftar Pustaka
1. Kristanto, A. 2003, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Penerbit Gava Media, Yogyakarta
2. http://technoluyep.blogspot.com/2013/10/cara-menginstal-xampp.html
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Dreamweaver