Berat badan seorang wanita yang baru saja melahirkan punya kecenderungan untuk mengalami kenaikan. Hal ini ternyata bergantung pada pilihan gaya hidup, bukan murni bersumber dari kehamilan.




Seorang ibu akan kerap menghabiskan waktu bersama anak, termasuk dia harus menyusui dan menyuapi si buah hati. Di saat inilah sang ibu secara tak sadar turut mengonsumsi makanan si anak, terlebih ketika makanan tak habis.

Selain itu, kurang tidur yang diidap sebagai dampak merawat anak menyebabkan peningkatan nafsu mengunyah. Ini jelas mendorong peningkatan berat badan.

“Para ibu akan cenderung mengutamakan anak-anak mereka, maka mereka tidak berolahraga atau memerhatikan diri sendiri,” terang Olga Yakusheva, Associate Professor at the Universitas Michigan seperti dikutip brilio.net dari Indiatimes.

Jika para wanita pasca melahirkan ingin menurunkan berat badan, mereka seharusnya memangkas kalori dari makanan, banyak gerak, serta menerapkan gaya hidup sehat dalam jangka waktu yang panjang.

Hasil ini merupakan temuan dari penelitian yang melibatkan sebanyak 30.000 wanita yang baru melahirkan. Meskipun banyak pula wanita yang meningkat berat badannya seiring bertambah usia, namuan ada perbedaan yang tajam antara mereka yang baru melahirkan dengan yang tidak.

Semakin tahun, wanita yang baru punya anak akan mengalami kenaikan berat badan setidaknya setengah kilogram lebih banyak dibanding wanita yang tidak memiliki anak.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *