Tipe Budaya Organisasi | Pada dasarnya, budaya organisasi memiliki beberapa tipe, di antaranya adhocracy, clan, hierarchy, dan market. Berikut penjelasan dari tipe budaya bersangkutan :

  • Adhocracy type

Pada tipe ini budaya organisasi yang digambarkan adalah entrepreneurship, fleksibilitas, dinamis, resiko, dan tempat kreatif untuk bekerja.

Contoh : Organisasi kesenian

  • Clan type

Budaya yang ada dalam tipe ini digambarkan seperti kesatuan dan persatuan, partisipasi, dan teamwork, serta perasaan sebagai bagian dalam keluarga.

Contoh : Dinas kesehatan

  • Hierarchy type

Budaya yang ada dalam tipe ini digambarkan seperti keteraturan, aturan main, dan keseragaman

Contoh : Puskesmas

  • Market type

Budaya yang ada dalam tipe ini digambarkan yaitu kesiapan berkompetisi dan pencapaian sasaran. Suatu organisasi yang berorientasi pada hasil dimana perhatian yang utama adalah memperoleh pekerjaan. Para pemimpin adalah pengarah yang keras, produser dan pesaing. Perekat organisasi yang menyatukan organisasi adalah suatu penekanan pada kemenangan. Fokus jangka panjangnya adalah tindakan yang kompetitif dan prestasi dari target dan tujuan yang terukur. Digambarkan dengan peguasaan pasar. Gaya organisasi ini adalah daya saing yang gesit dan suka kerja keras.

Contoh : Industri produk tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *