Bumi dan bulan membentuk suatu system tunggal, saling berputar mengelilingi pusat massa dengan periode 27.3 hari. Orbit-orbitnya sebenarnya agak terbentuk elips, tapi untuk mempermudah kita akan menganggapnya lingkaran untuk sementara waktu. Secara eksentrik bumi berputar mengelilingi pusat massa, yang berarti bahwa semua titik dalam dan diatas bumi mengikuti jalur-jalur yang melingkar, yang mempunyai jari-jari yang sama(dua contoh diperlihatkan pada gambar dibawahpada titik C dan X).

Tiap-tiap juga akan memiliki sudut yang sama. Karena kecepatan sudut dan jari-jari lingkaran yang dilalui adalah sama untuk semua titik, sehingga semua titik di atas dan dalam bui mengalami percepatan yang sama (hasil dari jari-jari dan kuadrat kecepatan sudut) dan karena gaya sentrifugal yang sama dihasilkan dari pergerakan yang eksintrik.

Gaya sentrifugal total pada system bumi bulan menyeimbangkan gaya tarik gravitasi yang bekerja diantara dua benda jadi secara keseluruhan system berada dalam kesetimbangan. Gaya-gaya sentrifugal diarahkan secara parallel pada suatu garis yang menghubungkan pusat bumi dan bulan (lihat gambar di bawah ini ).

Pengertian / Difinsi Gaya sentrifugal adalah suatu tenaga yang didesak kea arah luar dari pusat bumi yang besarnya lebih kurang sama dengan tenaga yang ditarik  ke permukaan bumi. Gaya ini lebih kuat bila letaknya dekat dengan bulan,sehingga gaya yang terbesar terdapat pada bagian bumi yang terdekat dengan bulan dan gaya yang paling lemah terdapat pada bagian yang letaknya jauh dari bulan.

Penjelasan gambar deviasi gaya-gaya penghasil pasng surut (tidak berskala). Gaya sentrifugal dengan tepat memiliki jarak dan arah yang sama pada semua titik, dimana gaya gravitasi yang didesakkan bulan atas bumi berbeda-beda baik jaraknya (bebanding terbalik dengan kuadrat jarak dari bulan) dan arahnya (mengarah tepat ke pusat bulan, dengan sudut-sudut yang dibesarkan demi kejelasan) . gaya penghasil pasang surut pada titik manapun adalah resultan dari gaya gravitasi dan senrifugal pada titik tersebut, dan bebeda-beda berbanding terbalik dengan pangkat tiga jarak dari bulan. .(The open university, 1994).

Penjelasan Gambar revolusi yang eksentrik dari revolusi bumi tentang pusat massa bumi dan bulan, seperti yang diperlihatkan dari salah satu kutup diatas, ketika bulan tepat di atas equator . setiap titik dipermukaan bumi mengikuti analogi jejak lingkaran yang ditandai dengan titik C dan X .(The open university, 1994).