Pengertian Pemasaran | Dawah ini akan dikemukakan pendapat mengenai pengertian – pengertian pemasaran secara definitif antara lain, pengertian pemasaran yang dikemukakan oleh Philip Kotler adalah sebagai berikut :

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu atau kelompok orang memperoleh apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk yang bernilai satu sama lain  (Philip Kotler, 1996 ; 16)

 Menurut Basu Swasta adalah sebagai berikut :

Pemasaran adalah sistem keseluruhan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Basu Swasta, 1999 ; 10)

Pemasaran berasal dari kata pasar. Pasar diartikan sebagai tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan pertukaran barang. Pengertian pasar secara lebih lengkap adalah :

Pengertian pasar mempunyai banyak arti selama ini. Pada mulanya, pasar adalah tempat fisik dimana penjual dan pembeli bertemu untuk mempertukarkan barang dan jasa. Pada abad pertengahan, pasar ada di kota-kota. Dizaman modern ini, untuk membeli dan menjual dilakukan di pertokoan, dan hanya sebagian kecil yang berlansung dipasar.

Bagi seorang ahli ekonomi, pasar menggambarkan semua pembeli dan penjual yang melakukan transaksi barang dan jasa. Bagi seorang pemasar, pasar adalah kumpulan pembeli nyata dan pembeli potensial dari suatu produk atau jasa. Suatu pasar adalah kumpulan pembeli dan suatu industri adalah kumpulan penjual. Ukuran pasar tergantung dari jumlah pembeli yang mungkin ada untuk tawaran pasar tertentu.

Para ahli ekonomi telah banyak mengemukakan  pengertian pasar dalam bahasa yang beraneka ragam. Tetapi pada prinsipnya pengertian yang banyak dikemukakan oleh para ahli ekonomi tersebut memiliki persamaan yang mendasar, sehingga perbedaan dalam mengartikan pasar tersebut hanya terbatas pada cara pengungkapan didalam pembahasaannya saja.

Berikut ini pengertian yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi mengenai pasar antara lain oleh :

Menurut Djaslim Saladin, dalam bukunya Saluran Pemasaran,

Pasar adalah pelanggan potensial dengan kebutuhan dan keinginan yang tertentu yang mungkin mau dan mampu untuk ambil bagian dalam jual beli untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan. Djaslim Saladin (2002 ; 2)

Comments

  1. Pingback: Strategi Pemasaran Perusahaan | Karya Tulis Ilmiah

  2. Pingback: Faktor Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelaksanaan Distribusi | Karya Tulis Ilmiah

  3. Pingback: Pengertian Bauran Promosi | Karya Tulis Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *