Metode perancangan software berdasarkan teori model waterfall menurut Rosa dan Shalahudin (2011:27-28) adalah “tahapan utama yang langsung mencerminkan dasar pembangunan kegiatan, berikut ini adalah tahapan pada model waterfall:

  1. Analisa Kebutuhan

Mengumpulkan apa yang dibutuhkan secara lengkap untuk kemudian dianalisis guna mendefinisiskan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibangun. Fase ini harus dikerjakan dengan lengkap untuk menghasilkan desain yang lengkap.

  1. Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak

Tahapan ini mendefinisikan suatu model atau rancangan program berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan. Dan juga mengidentifikasi dan menggambarkan abstraksi dasar sistem perangkat lunak dan hubungan-hubungannya untuk memenuhi kebutuhan yang sudah ditentukan yang akan digunakan untuk mengkonstruksi perangkat lunak.

  1. Implementasi dan Pengujian

Desain program diterjemahkan dalam kode-kode dengan menggunakan bahasa pemerograman yang sudah di tentukan. Program yang dibangun langsung diuji secara unit, apakah sudah bekerja dengan baik.

Daftar Pustaka

Rosa, A.S., dan M Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *