MESOSFER
            Mesosfer adalah lapisan udara ketiga dari atmosfer, pada lapisan ini setiap naik 1000 m, suhu udara akan turun 2,50-30C, sehingga suhu pada lapisan atas mencapai -900C.Perubahan suhu udara disini disebabkan karena Mesosfer memiliki kesetimbangan radioaktif yang negatif .Lapisan ini terdapat pada ketinggian 49-85 km di atas permukaan bumi, dan pada ketinggian 80 km terdapat lapisan hangat terdapat lapisan hangat.
Kurang lebih 25 mil atau 40km di atas permukaan Bumi terdapat lapisan transisi menuju lapisan mesosfer. Pada lapisan ini, suhu kembali turun ketika ketinggian bertambah, sampai menjadi sekitar − 143oC di dekat bagian atas dari lapisan ini, yaitu kurang lebih 81 km di atas permukaan Bumi. Suhu serendah ini memungkinkan terjadi awan noctilucent, yang terbentuk dari kristal es.
            Lapisan ini juga merupakan tempat terbakarnya meteor dari luar angkasamenuju bumi, sehingga lapisan ini merupakan lapisan pelindung bumi terhadap benturan benda atau batuan meteor. Hal itu dikarenakan udara yang terdapat pada lapisan ini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu tinggi.
    
            Diatas lapisan Mesosfer terdapat lapisan Mesopause yang merupakan lapisan peralihan antara Mesosfer dan Termosfer. Kata Mesosfer itu sendiri berasal dari bahasa Yunani Mesos : Tengah dan Sphaira: Bola. Pada lapisan ini energi Matahari yang diserap hanya sedikit.
Batas antara mesosfer dan termosfer di atasitu disebut mesopause tersebut. Di bagian bawah mesosfer adalah stratopause, batas antara mesosfer dan stratosfer bawah.

Mesosferini sulit untuk kita pelajari, sehingga lebih sedikit yang diketahui tentanglapisan atmosfer daripadalapisan lainnya. Cuacabalon dan pesawatlainnya tidak bisa terbang cukup tinggi untuk mencapai mesosfer. Satelit orbitatas mesosfer dan tidak dapat secara langsung mengukur sifat dari lapisan ini. Para ilmuwan menggunakan instrumen pada roket terdengaruntuk sampel mesosfer langsung, namun penerbangantersebut singkat dan jarang terjadi. Karena sulit untuk melakukan pengukuran dari mesosfer langsung menggunakaninstrumen, banyak tentang mesosfer masih misterius.

Kebanyakan meteor menguap di mesosfer. Beberapabahan dari meteor tetap hidup di mesosfer, menyebabkan lapisan ini memiliki konsentrasi yang relatif tinggi besi dan atom logam lainnya. Sangat aneh, awan dataran tinggi yang disebut awan noctilucentatau awan mesospheric kutubsuatu bentuk di mesosfer dekat kutub. Awan ini terbentuk aneh jauh, jauh lebih tinggi daripada jenis lainnya awan. Muatan listrik Aneh mirip dengan petir, yang disebutsprite” dan elf”, kadang-kadang muncul dalam puluhan mesosferkilometer (mil) di atas awan di troposfer bawah.

Stratosferdan mesosfer bersama-samakadang-kadang disebut sebagai suasana tengah. Padamesopause (bagian atas mesosfer) dan di bawah, gas yang terbuat dari berbagai jenis atom dan molekul secara menyeluruh dicampur bersama oleh turbulensi di atmosfer. Atas mesosfer, dalam termosfer dan seterusnya, partikel gas bertabrakan sehingga jarang bahwa gas menjadi agakdipisahkan berdasarkan jenis unsur kimia yang dikandungnya.

Berbagai jenis gelombang dan pasang surut di atmosfer mempengaruhi mesosfer. Gelombangdan pasang surut membawa energi dari troposfer danstratosfer atas kemesosfer, mengemudi sebagian besar sirkulasi global.