Definisi kulit

Kulit adalah organ tubuh terluar yang membatasi diri dari lingkungan hidup. Luas kulit orang dewasa adalah 15 m2 dengan berat sekitar 15% berat badan. Kulit merupakan organ yang esensial dan vital serta merupakan cermin kesehatan dan kehidupan. Kulit juga sangat kompleks, elastis, sensitif dan bervariasi pada keadaan iklim, umur, seks, ras,dan juga bergantung pada lokasi tubuh (Djuanda, 2010).




Histologi Kulit

Kulit terdiri dari lapisan epidermis, yaitu lapisan epitel yang berasal dari ektoderm, dan dermis, yaitu suatu lapisan jaringan ikat yang berasal dari mesoderm. Batas dermis dan epidermis tidak teratur, dan tonjolan dermis yang disebut papila saling mengunci dengan tonjolan epidermis yang disebut epidermal ridges (Junqueira, 2012).

Epidermis terdiri dari epitel skuamosa berlapis dengan lapisan tanduk, melanosit, sel Langerhans dan sel Merkel. Keratinosit adalah sel epidermis yang memiliki lapisan tanduk. Epidermis terdiri dari lima lapisan dari dermis ke atas, yaitu stratum basale, stratum spinosum, stratum granulosum, stratum lusidum, dan stratum korneum (Junqueira, 2012).

Dermis menunjang epidermis dan mengikatnya pada jaringan subkutan (hipodermis). Dermis terdiri dari dua lapisan, yaitu stratum papilare (bagian luar) yang terdiri atas jaringan ikat longgar (fibroblast, sel mast dan makrofag) dan stratum retikulare (bagian dalam dan tebal) yang terdiri atas jaringan ikat padat tidak teratur (kolagen tipe 1), pembuluh darah, dan limfe (Junqueira, 2012).

Jaringan subkutan terdiri dari jaringan ikat longgar yang mengikat kulit secara longgar pada organ-organ di bawahnya. hipodermis mengandung sel-sel lemak yang bervariasi jumlahnya (Junqueira, 2012).

Fungsi Kulit

Kulit manusia mempunyai peranan penting, selain fungsi utama yang menjamin kelangsungan hidup, mempunyai arti lain seperti estetika, ras, indikator sistemik dan sarana komunikasi non verbal. Fungsi utama kulit adalah:

  1. Proteksi
  2. Absorpsi
  3. Ekskresi
  4. Persepsi
  5. Pengaturan suhu tubuh (termoregulasi)
  6. Pembentukan pigmen
  7. Pembentukan vitamin D
  8. Keratinisasi (Djuanda, 2010)

Daftar Pustaka

Djuanda, Adhi; Hamzah, Mochtar; Aisah, Siti. 2010. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Junqueira, Luiz. Carneiro, Jose.  2012. Basic Histology: Text & Atlas. 12th edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *