Potensi Pengembangan Pariwisata di Indonesia


Potensi Pengembangan Pariwisata di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam dan budaya yang beragam. Oleh karena itu, Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan pariwisata.

Gerakan Pariwisata Indonesia Di Bangun

Agenda tertinggi yang digariskan pemerintah Indonesia untuk mendukung peningkatan daya tarik pariwisata adalah Gerakan Pariwisata Indonesia (GAPARIN). GAPARIN memiliki tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Indonesia, mempromosikan daya tarik pariwisata yang ada di Indonesia serta meningkatkan pelayanan jasa di dunia pariwisata Indonesia.

Kebijakan Pemerintah Menunjang Pengembangan Pariwisata

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia. Diantaranya adalah:

  • Kebijakan Industri Pariwisata Berbasis Masyarakat, yang menekankan pada kerja sama usaha antar pelaku usaha pariwisata dan masyarakat yang dapat meningkatkan lingkungan wisata.
  • Program Damar Wisata Mandiri Indonesia ,sebuah program yang difokuskan untuk mendorong wisatawan domestik ke destinasi yang berbeda di seluruh Indonesia.
  • Direktori Wisata , sebuah layanan untuk menghubungkan wisatawan dengan pengelola lokal untuk pengalaman wisata lokal yang lebih unik dan lebih autentik.

Potensi Pariwisata di Indonesia

Pariwisata Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk disebarluaskan. Potensi-potensi tersebut antara lain meliputi:

  • Pantai indah dan laut dari seluruh bagian negeri, seperti Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Lovina di Bali, dan Raja Ampat di Papua.
  • Gaya hidup alami nelayan dan pedesaan yang masih diterapkan di seluruh Indonesia.
  • Uniknya budaya orang Indonesia yang beragam, mulai dari makanan, musik, seni lukis, tarian, hingga attire.
  • Kelayakan infrastruktur, transportasi dan penginapan untuk wisatawan.

Dengan potensi-potensi tersebut, Indonesia tentunya memiliki banyak peluang untuk mengembangkan kawasan-kawasan pariwisata luar biasa. Untuk itu diperlukan keterlibatan dan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat lokal, untuk terus melestarikan keindahan alam yang ada, serta upaya kolaboratif mendongkrak pengembangan pariwisata Indonesia.