JARING MAKANAN IKAN KARANG

Allen dan Steene (1998) membagi jaringan makanan yang terjadi di ekosistem terumbu karang dalam empat tropik level, yaitu:
a. Tumbuh-tumbuhan, terutama jenis alga sebagai produsen utama yang memanfaatkan secara langsung energi matahari untuk pertumbuhan jaringan melalui proses fotosintesis. Pada tropik level pertama ini ekosistem terumbu karang harus menyediakan energi yang cukup besar untuk digunakan pada tropik level berikutnya.
b. Organisme-organisme herbivora yang mengkonsumsi massa dari tumbuhan.Herbivora lebih efisien dalam pemanfaatan energi dibandingkan dengan karnivora dan omnivora atau tingkat tropik yang lebih tinggi.
c. Ikan-ikan karnivora kecil yang memakan zooplankton, ikan-ikan kecil, dan invertebrata.
d. Kelompok predator besar yang termasuk dalam kelompok hiu, murai, Famili Carangidae, Scombridae, Sphyraenidae (baracuda) dan kelompok ikan-ikan omnivora yang memakan tumbuhan dan biota-biota kecil.
Menurut Nybakken (1988), interaksi ikan karang yang terjadi dalam ekosistem terumbu karang antara lain adalah:
1 Pemangsaan, dimana ada dua kelompok ikan yang secara aktif memakan koloni-koloni karang, yaitu spesies yang memakan polip-polip karang mereka sendiri, dan sekelompok multivora (omnivora) yang memindahkan polip karang untuk mendapatkan alga di dalam kerangka karang .
2 Grazing (pemakan tumbuhan) dilakukan oleh ikan-ikan Famili Siganidae, Pomacentridae, Acanthuridae, dan Scaridae yang merupakan herbivora grazer pemakan alga sehingga pertumbuhan alga yang bersaing ruang hidup dengan karang dapat terkendali.
Menurut Adeirm (1993) kelompok ikan karang dibagi dalam tiga kategori yaitu:
1 Ikan target, yaitu ikan ikan karang yang mempunyai manfaat sebagai ikan konsumsi, seperti Famili Serranidae, Lutjanidae, Haemulidae, dan Lenthrinidae
2 Ikan indikator, yaitu kelompok ikan karang yang dinyatakan sebagai indikator kelangsungan hidup terumbu karang. Hanya satu famili yang masuk kelompok ini yaitu Famili Chaetodontidae
3 Ikan utama (mayor), yaitu ikan yang berperan dalam rantai makanan, seperti ikan dari Famili Pomacentridae, Scaridae, Achanturidae, Caesionidae, Mullidae, dan Apogonidae.


Share this post