Vehicle Routing Problem dengan Time Window | Banyak model VRP yang dikembangkan untuk mengatasi batasan-batasan yang ada. VRPTW adalah salah satu bentuk pengembangan tersebut. Formulasi khas VRPTW melibatkan routing dari beberapa kendaraan yang ditempatkan di depot sentral (pusat logistik) yang beroperasi dalam time window tertentu dan digunakan untuk mengunjungi dan memasok permintaan dari satu set pelanggan.

Rute dirancang untuk mulai dan berakhir di depot dengan ketentuan total permintaan tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. Para pelanggan hanya dapat dikunjungi sekali oleh satu kendaraan. Depot dan masing-masing pelanggan, memiliki time window, yang menyiratkan bahwa kendaraan dapat tiba sebelum time window, namun pelanggan tidak dapat dilayani sampai time window terbuka.

Oleh karena itu, tujuan VRPTW dengan single objective adalah untuk menentukan pelanggan mana yang dikunjungi oleh setiap kendaraan dan rute masing-masing kendaraan untuk melayani pelanggan yang ditetapkan, namun dengan total biaya transportasi yang paling minimum dan dengan batasan time window. VRPTW telah dipelajari secara luas dalam optimasi supply chain dan memiliki dampak ekonomi yang cukup besar pada semua sistem logistik , terutama karena pentingnya sistem produksi just-in-time dan koordinasi operasi supply chain .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *