Unsur – Unsur Harga Pokok Produksi | Harga pokok produksi mencerminkan total dari keseluruhan biaya barang yang diserasikan selama priode berjalan, biaya yang harus dibebankan ke barang yang disesuaikan adalah biaya bahan langsung, dan biaya overhead. Dan yang dimaksud dengan unsur – unsur harga pokok produksi adalah jenis biaya yang dikorbankan untuk memproduksi suatu barang. Adapun unsur – unsur harga pokok produksi dimaksud adalah :

  1. Biaya langsung (direct cost).

Biaya langsung adalah biaya yang terjadi, yang menyebabkan satu – satunya adalah karena adanya sesuatu yang dibiayai. Jika sesuatu yang dibiayai tersebut tidak ada, maka biaya langsung ini tidak akan terjadi. Biaya produksi terdiri dari bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

  1. Biaya tidak langsung(indirect cost).

Biaya yang terjadinya tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai. Biaya tidak langsung dalam hubungannya dengan produk disebut dengan istilah biaya produksi tidak langsung atau biaya overhead pabrik.

Dalam arti luas biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu. Sedangkan dalam arti sempit, biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva. Sedangkan unsur dari biaya usaha itu sendiri meliputi penjualan dan administrasi umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *