Tumbuhan Tithonia diversifoliu (Kembang Bulan) adalah suatu spesies tanaman dari suku Asteraceae, tersebar luas di daerah tropis dan subtropis seperti Amerika tengah, Asia Tenggara dan Afrika. Bunganya berwarna kuning (Anonim, 2004). Apabila dibiarkan tumbuh liar dapat mencapai tinggi 5 meter, bertunas, merayap dalam tanah. Termasuk tanaman penutup tanah yang umumnya tumbuh liar di tempat-tempat curam. juga ditanam sebagai tanaman hias, untuk di jadikan pagar dan mencegah kelongsoran. Sangat mudah tumbuh pada ketinggian 5-1500 meter diatas permukaan laut, sangat menyukai tempat terang dan banyak sinar matahari langsung (Didik dan Sulistijowati, 2001).

Taksonomi Tumbuhan Kembang Bulan

Menurut Hutapea, dkk (1994) taksonomi tumbuhan kembang bulan adalah sebagai berikut:

Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dieotylcdonae

Bangsa : Asterales

Suku : Asteraceae

Marga : Tithonia

Jenis : Tithonia diversifoliu A. Gray

Nama Lain ( Sinonim) Tumbuhan Kembang Bulan

Nama daerah : Kiriyu (Sunda), Kayu paik (Minang), Rondo semoyo dan Harsaga (Jawa).

Nama Asing : Japanese sunflower (Jepang), Mexican sunflower (Mexico), shrub sunflower, tree Marygold (Inggris) (Didik dan Sulistijowati, 2001).

Morfologi Tumbuhah Kembang Bulan

Tumbuhan ini merupakan perdu dengan tinggi mencapai ± 5 m. batang bulat, berkayu (kngan kuV)t batang bemarna hijau. Daun tunggal dengan ujung daun runcing, pertulangan menyirip, panjang 26 – 32 cm, warna hijau. tepi daun bertoreh dan bergerigi. Bunga majemuk, kelopak (Calix) bentuk tabung dan berwarna hijau, daun mahkota bentuk pita, halus, berwarna kuning. Buah kotak, bulat sewaktu muda berwarna hijau setengah tua coklat. Biji bulat, keras, warna coklat (Hutapea. dkk., 1994).

Kandungan Kimia Tumbuhan Kembang Bulan

Daun kembang bulan mengandung sedikitnya 12 senyawa terpenoida. 14 senyawa flavonoida, saponin dan gula. Sedangkan kulit batang dan akar mengandung saponin dan flavonoida (Hutapea, dkk., 1994).

Widari (2005) menyebutkan bahwa serbuk daun kembang bulan mengandung senyawa triterpen/steroida, glikosida, saponin, dan flavonoida (senyawa flavon dengan gugus 4-hidroksi dan gugus 4\7-dihidroksi).

Khasiat dan Penggunaan Tumbuhan Kembang Bulan

Tumbuhan kembang bulan umumnya digunakan untuk pengobatan penyakit lepra, penggugur kandungan ataupun sebagai bahan campuran pada jamu (Heyne, 1987). Disamping itu digunakan juga sebagai obat perut kembung. malaria, lever, dan luka (Takahashi, 2005).

—– SEMOGA BERMANFAAT —–

REFERENSI

Didik, G. dan Sulistijowati, A. (2001). Efek Ekstrak Daun Kembang Bulan terhadap Candida albicans serta Profil Kromatogramnya. Cermin Dunia Kedokteran. No. 130. Halaman. 31-32, 35.

Hutapea. J.K., dkk. (1994). Invenlaris Tumhuhan Ohai Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Halaman. 297.

Takahashi, M. (2005). Compositions for Curing Diabetes Mellitus. Process for the Preparation of same, and Usage of same http://www.delphion.com/details=US0577004 8language=en

Widari, M. (2005). Isolasi Senyawa Flavonoid Dari Daun Kenbang Bulan (Tithonia diversifolia (Hemsley) A. Gray). Skripsi Departemen Farmasi FMIPA USU. Medan. Halaman. 43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *