Bahasa sebagai alat komunikasi sangat penting dalam masyarakat. Dengan bahasa seseorang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik itu lingkungan masyarakat maupun lingkungan sekolah., karena itu mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari di lembaga pendidikan formal. Melalui bahasa seseorang dapat belajar mengenai adat istiadat, tingkah laku dan tatakrama masyarakat, baik bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi nasional maupun bahasa daerah sebagai bagian dari kebudayaan hidup yang berkembang.

Pada prinsipnya tujuan pengajaran bahasa Indonesia adalah agar siswa terampil berbahasa yaitu mampu berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Dalam proses pemerolehan keempat keterampilan berbahasa tersebut, siswa melakukannya secara berurutan. Mula-mula diperoleh keterampilan menyimak , lalu secara berturut-turut diikuti dengan keterampilan berbicara, membaca, dan akhirnya menulis.

Pada dasarnya keterampilan menyimak dan berbicara diperoleh di lingkungan keluarga dan selanjutnya berkembang melalui keterampilan membaca dan menulis, yang diperoleh siswa di sekolah.

Mula-mula pada masa kecil kita belajar berbahasa lisan yaitu menyimak dan berbicara. Seorang anak menyimak apa yang dikomunikasikan orang tua, saudara, dan lingkungannya. Pada saat yang sama, ia pun  belajar berbicara secara bertahap mulai dengan meracau atau meraban, berujar dengan sepatah kata, dua kata, tiga kata, hingga perkataannya menyerupai tuturan  orang dewasa. (Akhadiah,dkk, 1997: 1.9)

Akhadih, Sabarti, dkk. 1997. Menulis 1. Jakarta : Departement Pendididkan dan Kebuyaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *