TUGAS PENYAKIT TROPIK

DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 9
1. DWI RAHAYUNINGSIH 25010113120018
2. ENDANG SRI UTAMI 25010113120028
3. DEVITA MELINDA NUGRAHENI 25010113120120
4. PUSPITA KRISTINA 25010113120144
5. KHAIRUNNISA 25010115183004
6. SORAYA HIDAYATI 25010113130267

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2016
A. PENGERTIAN PENYAKIT TROPIK
Penyakit tropik merupakan penyakit yang menjangkit pada area tropis baik penyakit menular maupun tidak menular, infeksi maupun non infeksi (Widoyono,2008). Penyakit ini biasa berkembang di wilayah panas yang memiliki kondisi lembab. Dalam ilmu kesehatan istilah penyakit tropis (tropikal medicine) mengarah pada wilayah-wilayah beriklim panas sekitar garis khatulistiwa. Penyakit tropis erat kaitannya dengan kesehatan lingkungan yang sering tidak diperhitungkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Yang termasuk dalam penyakit tropik adalah penyakit menular, tidak menular, infeksi dan non infeksi. Faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit tropik yaitu :
1. Agen
Faktor agen penyebab penyakit diantaranya bahan kimia, mekanik, stress (Psikologis), dan biologis (infeksi bakteri, virus, parasit, atau jamur).
2. Host
Hal yang perlu diperhatikan tentang host meliputi:
• Karakteristik (umur, jenis kelamin, pekerjaan, keturunan, ras, gaya hidup) gizi atau daya tahan tubuh
• Kesehatan pribadi
• Gejala dan tanda penyakit
• Pengobatan
3. Faktor lingkungan
• Faktor Fisik meliputi keadaan geografis, kelembaban udara, temperature, lingkungan tempat tinggal
• Faktor Non Fisik meliputi faktor sosial (pendidikan, pekerjaan), budaya (adat kebiasaan turun menurun), ekonomi (kebijakan mikro dan kebijakan lokal), politik (suksesi kepemimpinan yang mempengaruhi kebijakan pencegahan dan penanggulangan suatu penyakit)

B. KLASIFIKASI PENYAKIT TROPIK
Klasifikasi penyakit tropik:
1. Penyakit infeksi oleh bakteri
Bakteri mengandung informasi genetik dan banyak peralatan yang diperlukan untuk menghasilkan energi dan bereplikasi secara independen, namun beberapa bakteri hanya dapat mereproduksi ketika tumbuh di dalam sel, dari mana mereka berasal nutrisi yang dibutuhkan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri diantaranya pertusis, tetanus, tuberculosa, typhoid dan pest.
2. Penyakit infeksi oleh virus
Virus adalah agen menular yang umumnya hanya terdiri dari materi genetik ditutupi oleh shell protein. Mereka hanya meniru dalam sel, yang menyediakan mesin sintetis yang diperlukan untuk menghasilkan partikel virus baru. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya parotitis, campak, hepatitis B, HIV, dan flu burung.
3. Penyakit tropis yang disebabkan oleh parasit
Kelompok yang termasuk parasit yaitu protozoa patogen (organisme bersel tunggal yang lebih kompleks daripada bakteri) dan cacing. Penyakit tropis yang disebabkan oleh parasit adalah ascariasis, filariasis, dan malaria

C. ALASAN MENGAPA HARUS MENGERTI PENYAKIT TROPIK
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki iklim tropis sehingga tinggi kemungkinan penyebaran penyakit tropis. Suhu pada daerah tropis yang hangat mengakibatkan bibit penyakit dapat bertahan hidup dengan baik. Berbeda dengan daerah yang memiliki suhu ekstrim. Selain itu penyakit juga mudah menyerang pada daerah tropis sehingga pengetahuan tentang penyakit tropis sangat dibutuhkan.

Penyakit tropik merupakan penyakit yang kompleks dan cepat meluas penyebarannya, dengan faktor penyebab utama timbulnya penyakit ini adalah kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat, sehingga dengan mempelajari tentang penyakit tropik kita dapat mengetahui definisi, etiologi, patogenesis, patofisiologis, pencegahan penyakit tropis, karakteristik parasit dan pejamu dari penyakit tropis yang digunakan sebagai upaya penanganan dan pencegahan penyakit tropis dengan memutus rantai penularan (menghentikan kontak agen penyebab penyakit dengan host) sehingga angka kejadian penyakit tropis khususnya di indonesia dapat berkurang.
Selain itu, dengan belajar penyakit tropik maka mahasiswa kesehatan masyarakat dapat mengetahui bagaimana tren dan issue penyakit tropik di Indonesia, menganalisis hubungan agen dengan hospes dan lingkungan, serta dapat menerapkan peran dan fungsi sebagai epidemiolog juga kewenangan pada penyakit tropis.

DAFTAR PUSTAKA
Widoyo. 2005. Penyakit Tropis, Epidemiologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasannya. Jakarta: Erlangga.
Widoyono. 2008. Penyakit Tropis: Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Yatim, Faisal. 2008. Macam-Macam Penyakit Menular dan Pencegahannya. Jakarta : Pustaka Obor Populer.
http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-12643-Chapter1.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *