TUGAS PENYAKIT TROPIK
KELOMPOK 10

Disusun Oleh :

Agung Prabowo Kusumo 25010113120044
Elfa Yesi Giovani 25010113120133
Supatmi Dewi 25010115183015
Agustina Prima Popylaya 25010113120080
Syarifah Hidayatullah 25010113120309
Wanna Wandhana Putri 25010113120424

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS DIPONEGOGO
SEMARANG
2016
1. Pengertian Penyakit Tropik
Penyakit tropis mencakup semua penyakit yang terjadi di daerah tropis. Dalam prakteknya, istilah ini sering mengacu pada penyakit menular yang berkembang di iklim panas dan kondisi lembab, seperti malaria, leishmaniasis, schistosomiasis, onchocerciasis, lymphatic filariasis, Chagas disease, African trypanomiasis dan demam berdarah dengue (WHO).
Penyakit tropis mencakup semua penyakit menular dan tidak menular, kelainan genetik, dan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi atau kondisi lingkungan (seperti panas, kelembaban, dan ketinggian) yang ditemui di daerah-daerah yang terletak di sekitar Tropic of Cancer and Tropic of Capricorn belts. Di Negara-negara tropis, penyakit menular lebih disebabkan oleh adanya berbagai mikroorganisme yang patogen, parasit, hewan darat dan laut, serta arthropoda (Zumla, 2012). Penyakit yang kebanyak terjadi di daerah tropic meliputi penyakit infeksi dan penyakit non infeksi (Dachlan, 2007).
Sekitar 15 juta orang meninggal setiap tahun karena infeksi dan parasit penyakit tropis, yang sebagian besar hidup di negara berkembang. Keadaan ini diperparah dan diperburuk oleh masalah kemiskinan, kondisi hidup yang buruk, kekurangan gizi, Human Immunodeficiency Virus (HIV) / Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), dan sistem kesehatan yang buruk (akibat kemiskinan, manejemen yang buruk, dan korupsi) yang menimpa sebagian besar negara-negara berkembang di daerah tropis. Meskipun dalam dekade terakhir, masalah gaya hidup dan perubahan pola makan telah menyebabkan peningkatan jumlah penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, penyakit obstruksi saluran napas kronis, myocardinal infarction, dan kecelakaan serebrovaskular di Negara tropis yang miskin, namun infeksi penyakit tropis tetap menjadi salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas yang dapat dicegah (Zumla, 2012).

2. Klasifikasi \
Penyaktit tropik dibagi menjadi 3 klasifikasi, antara lain :
1. Penyakit Infeksi yang disebabkan oleh Bakteri
Contoh Penyakit : Difteri, Tuberkulosis, Pertusis, Tetanus, Kusta
2. Penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus
Contoh penyakit tropik yang disebabkan oleh virus diantaranya :DBD, Chikungunya, Campak, Hepatitis, Rabies, Flu Burung, SARS, Polio.
3. Penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasite
Contoh penyakit tropik yang disebabkan oleh parasit :Malaria, Kecacingan., Filariasis

3. Alasan mengapa harus mengetahui
Penyakit tropis merupakan penyakit yang menyerang daerah tropik dan sub tropik, sedangkan Indonesia merupakan daerah tropik yang menjadi pusat berkembangnya berbagai masalah kesehatan baik penyakit menular maupun tidak menular sehingga penting untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit tropik agar kita menjadi tau dan mengenal apa dan bagaimana penyakit tropik itu baik dari penyebab penyakit, cara penularan, gejala yang timbul sehingga dapat diketahui cara penanggulangan dan pemberantasan penyakit tropis ini karena sejauh ini pengendalian yang ada masih belum juga menunjukkan hasil yang memuaskan karena penyakit-penyakit ini berhubungan erat dengan pola hidup masyarakat itu sendiri. Serta untuk mengetahui perkembangan penyakit tropik tersebut.

REFERENSI
1. Zumla, Alimuddin. 2012. Infectious Disease Clinics of North America Vol. 26 No. 2 : Tropical Disease. London, United Kingdom : University College London Medical School. [online]. Diakses di : googlebooks.co.id (24 Februari 2016, 16:25)
2. WHO. Health topics : Tropical Disease. [online]. Diakses di : http://www.who.int/topics/tropical_diseases/en/ (24 Februari 2016, 16:10)
3. Dachlan, Yoes Prijatna. 2007. Kedokteran Tropis : Gambaran Umum Penyakit Tropis. Surabaya : Universitas Airlangga. [online]. Diakses di : http://www.fk.unair.ac.id/pdfiles/KT-FK,Apr2.07.pdf (24 Februari 2016, 17:30)
4. Widoyo. 2005. Penyakit tropis, epidemiologi, penularan, pencegahan dan pemberantasannya, Jakarta :Penerbit Erlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *