TUGAS 1
MATA KULIAH PENYAKIT TROPIK
KELOMPOK 4:
NOVI ASTRIANA 25010113120031
DIKA ERNIANTIN 25010113120072
ARI PRATIWI 25010113120153
OKKYTA ANDANI INIKO PUTRI 25010113120170
VIKA AGUSTIN DAMAYANTI 25010113120195
INDAH PURNAMANINGSIH 25010113130209
RARAS SEKTI PUDYASARI 25010113130395

KELAS:
PEMINATAN EPIDEMIOLOGI DAN PENYAKIT TROPIK 2016

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2016

APA ITU PENYAKIT TROPIK?
Penyakit Tropis adalah penyakit yang lazim terjadi di daerah tropis dan subtropis. Istilah ini juga sering mengacu pada penyakit yang berkembang di wilayah panas berkondisi lembab, seperti malaria, demam berdarah dan kusta. Penyakit tropis meliputi penyakit infeksi, non infeksi. Penyakit menular maupun tidak menular.

KLASIFIKASI PENYAKIT TROPIK
Klasifikasi penyakit tropik meliputi:
1 Penyakit infeksi oleh bakteri
Bakteri mengandung informasi genetik dan banyak peralatan yang diperlukan untuk menghasilkan energi dan bereplikasi secara independen. Beberapa bakteri, namun hanya dapat mereproduksi ketika tumbuh di dalam sel, dari mana mereka berasal nutrisi yang dibutuhkan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri diantaranya TBC, difteria, pertusis, tetanus neonatorum, demam tifoid, kusta, pes, antraks, leptospirosis.
2 Penyakit infeksi oleh virus
Virus adalah agen menular yang umumnya hanya terdiri dari materi genetik ditutupi oleh sel protein. Mereka hanya meniru dalam sel, yang menyediakan mesin sintetis yang diperlukan untuk menghasilkan partikel virus baru. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya DBD, chikungunya, campak, hepatitis, rabies, HIV-AIDS, varisela, flu burung, SARS, polio.
3 Penyakit infeksi oleh parasit
Parasit adalah organisme yang hidup di dalam atau pada organisme lain, tuan rumah, pada biaya yang mereka memperoleh beberapa keuntungan seperti makanan. Kelompok ini mencakup protozoa patogen (organisme bersel tunggal yang lebih kompleks daripada bakteri) dan cacing (organisme multisel sering disebut sebagai cacing). Beberapa penyakit yang disebabkan oleh parasit diantaranya malaria, askariasis, filariasis, trichiuris dan ankylostomiasis.

MENGAPA PERLU MENGETAHUI PENYAKIT TROPIK?
Indonesia adalah negara yang terletak di daerah beriklim tropis yang akan memberi pengaruh positif maupun negatif terhadap kesehatan masyarakatnya. Masalah kesehatan daerah tropis akan berbeda dengan daerah subtropis. Masalah kesehatan di indonesia meliputi beberapa macam antara lain adalah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan iklim tropis.
Fakultas kesehatan masyarakat merupakan institusi yang bertanggung jawab dalam menghasilkan tenaga profesional dalam bidang kesehatan, tentu akan dapat mencermati dan ikut serta dalam mencarikan solusi penanggulangan penyakit tropis ini. Salah satu upaya adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa tentang penyakit tropis dengan tujuan agar mahasiswa mampu menjelaskan secara epidemiologis dan melakukan usaha promotif, preventif dan rehabilitatiif.
Selain itu, karena kita tinggal di indonesia yang merupakan negara tropis sehingga kita perlu mengetahui, memahami, dan menjelaskan terjadinya penyakit tropis serta mengetahui penanggulangannya. Selain itu, kita juga perlu mengetahui berbagai faktor penyebab terjadinya penyakit tropis seperti faktor lingkungan, genetik, perilaku, dan sosiobudaya serta mengetahui prinsip dasar dalam mengendalikan penyebaran penyakit tropis.

Referensi :
Lokakarya Pengembangan Kedokteran Tropis di Indonesia. 2002. TDC UNAIR. Diakses pada http://www.fk.unair.ac.id/pdfiles/KT-FK,Apr2.07pdf pada tanggal 24 Februari 2016.
Widoyo. 2005. Penyakit tropis, epidemiologi, penularan, pencegahan dan pemberantasannya. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *