Tridacna gigas merupakan spesies terbesar dari Kima dan sering disebut dengan nama Kima Raksasa”. Spesies ini hidup di daerah terumbu karang atau daerah patahan karang hingga kedalaman 20 meter (Knop, 1996). Cangkangnya dapat tumbuh hingga panjang lebih dari 1 meter dan dapat mencapai bobot seberat 200 kg serta sangat tebal pada daerah base
Spesies ini dapat diidentifikasi dengan melihat ukuran dan kenampakan bagian atas cangkang yang memanjang dan berbentuk segitiga. Mantel berwarna coklat dengan lingkaran – lingkaran kecil berwarna hijau – biru. T.gigas mempunyai persamaan dengan T. derasa. Salah satu pembedanya adalah T.gigas tidak dapat menutup cangkangnya dengan sempurna dan selalu ada celah diantara cangkang – cangkangnya sehingga mantelnya selalu terlihat (Knop, 1996). Selain itu dijelaskan pula bahwa pada T. gigas mempunyai empat atau lima lipatan pada cangkang sementara itu pada T. derasa mempunyai enam bahkan tujuh lipatan.
Daerah penyebaran spesies ini meliputi seluruh daerah Indo – Pasifik (Knop, 1996). T. gigas terancam punah dan bahkan sudah punah di beberapa tempat di dunia (Lucas, 1988)
 BUTUH DAFTAR PUSTAKA KLIK DISNI