Spesies ini merupakan spesies yang terkecil ukurannya pada famili Tridacnidae. Panjang cangkang spesies ini mencapai 15 cm. Spesies ini mengebor ke dalam koral hingga bagian tepi atas dari cangkangnya (Lucas, 1988). Hal tersebut yang mengakibatkan Kima ini disebut Kima pengebor. 
Untuk proses pengeboran itu sendiri, Kima ini menggunakan corraguration-nya yang kuat yang membuat cangkangnya terlihat seperti kikir. Selain cara mekanik seperti itu, Kima ini juga menggunakan cara secara kimia. Pada bagian byssal orifice dari T. Crocea memproduksi asam – asam organik yang berefek melarutkan substrat sehingga memudahkan bagi Kima untuk melakukan penetrasi ke dalam (Knop, 1996). Mantel spesies ini pada umumnya berwarna cerah, seperti warna hijau, biru, ungu, coklat dan oranye. 
Spesies ini cenderung hidup pada daerah intertidal dan mempunyai densitas yang tinggi pada suatu daerah dengan daerah distribusi luas yang meliputi daerah Indo – Malayan dan Samudra Pasifik bagian barat, dari Thailand hingga New Caledonia. (Lucas, 1988 ; Knop, 1996)

BUTUH DAFTAR PUSTAKA KLIK DISNI