A Rasch-Tipe Loneliness Scale

A Rasch-Tipe Loneliness Scale merupakan instrumen yang dikembangkan oleh De Jong Gierveld dan koleganya yaitu Van Tilburg serta Kamphuis sejak tahun 1980.

The De Jong Gierveld Loneliness Scale disusun berdasarkan teori Weiss (1973) yang menyatakan kesepian terdiri dari dua dimensi yaitu social loneliness and emotional loneliness.

Social Loneliness timbul dari ketiadaan figur kasih sayang yang intim. Sedangkan social loneliness terjadi bila seseorang mengalami kekurangan keterhubungan sosial atau perasaan tergabung dalam sebuah komunitas.

Gierveld mendefinisikan kesepian sebagai pengalaman subyektif dimana jumlah hubungan yang ada lebih kecil dari hubungan yang diinginkan ataupun keintiman yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang dapat terjadi pada individu dari berbagai tahapan usia.

Instrumen ini terdiri dari 11 aitem, 6 aitem pertanyaan menunjukkan kesepian emotional loneliness dan 5 aitem pertanyaan menunjukkan social loneliness. Berikut ini aitem kategorinya :

(Emotional Loneliness)

  1. There is always someone I can talk to about my day-to-day problems”
  2. There are plenty of people I can rely on when I have problems”
  3. There are many people I can trust completely”
  4. There are enough people I feel close to”
  5. I can call on my friends whenever I need them”

(Sosial Loneliness)

  1. I miss having a really close friend
  2. I experience a general sense of emptiness
  3. I miss the pleasure of the company of others
  4. I find my circle of friends and acquaintances too limited
  5. I miss having people around
  6. I often feel rejected

UCLA Loneliness Scale

            University of California Los Angeles (UCLA) Loneliness Scale version 3 dikembangkan oleh Daniel Russell (1996). Menurut Russell, Peplau & (1996) kesepian merupakan adanya kepribadian dinamis dalam individu dari sistem-sistem psikofisik yang menentukan karakteristik perilaku dan berpikir, kemudian adanya keinginan individu pada kehidupan sosial dan kehidupan di lingkungannya, dan juga adanya depression yang merupakan salah satu gangguan perasaan yang ditandai dengan perasaan sedih, murung, tidak bersemangat, merasa tidak berharga, serta berpusat pada kegagalan.

Adapun aspek-aspek yang mendasari kesepian menurut Russell yaitu:

  1. Personality atau kepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu dari sistem-sistem psikofisik yang menentukan karakteristik perilaku dan berpikir.
  2. Social desirability adalah kehidupan sosial yang diinginkan individu pada kehidupan di lingkungannya.
  3. Depression adalah salah satu gangguan perasaan yang ditandai dengan perasaan sedih, murung, tidak bersemangat, merasa tak berharga, berpusat pada kegagalan.

Pada skala ini terdapat 20 aitem pertanyaan, dengan 4 pilihan jawaban yaitu “tidak pernah”, “jarang”, “kadang-kadang”, dan “selalu”.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *