Ada beberapa ketentuan yang digunakan untuk menggambarkan sirkulasi dilaut. Diantaranya beberapa ketentuan yang biasa digunakan untuk menggambarkan arus dan gelombang.
1. Sirkulasi umum. Adalah gerakan permanen, rata-rata waktu sirkulasi.
2. Abyssal juga sering dikenal dengan istilah deep circulation, adalah sirkulasi massa, di bidang meridional, di laut dalam, yang digerak-kan oleh pencampuran.
3. Sirkulasi pergerakan angin adalah sirkulasi di kilometer yang lebih tinggi terhadap gaya-gaya angin laut. Sirkulasi ini biasannya disebabkan oleh angin lokal maupun angin pada bagian lain.
4. Gyre adalah putaran angin terhadap arus siklon atau anti siklon dengan dimensi yang mendekati laut basin.
5. Batas arus adalah aliran arus paralel kearah pantai batas ini mempunyai 2 tipe penting.

  • Batas arus sebelah barat pada tepi barat laut cenderung cepat. Pancaran sempit seperti Gulf stream dan Kuroshio.
  • Batasan arus timur biasanya lemah.seperti arus California.

6 Gelombang Edge adalah gelombang permukaan dengan selang waktu beberapa menit pada daerah dangkal yang dekat dengan tepi laut. Amplitudo dari ekponensial gelombang jatuh berada dekat dengan tepi.
7. Kisaran mesokal adalah turbulensi atau aliran pusaran pada skala tertentu dengan jarak beberapa ratus kilometer.

Sebagai tambahan aliran karena arus terdapat beberapa tipe aliran oskilatori karena gelombang. Normalnya ketika kita berfikir terhadap gelombang laut, kita membayangkan gelombang yang tajam dipantai atau pengaruh kapal pada permukaan laut. Tetapi ada beberapa macam gelombang lainnya yang terjadi dilaut.
1 Gelombang planetary tergantung pada rotasi bumi untuk sebuah gaya restoring. Seperti gelombang Rossy, Kelvin, Equator dan Yanai
2 Gelombang permukaan biasanya dikenal dengan nama gelombang gaya tarik dan gelombang itu biasanya berhenti ditepi pantai. Gaya restoring karena perbedaan densitas yang besar diantara udara dan air pada permukaan laut.
3 Gelombang internal adalah gelombang pada anak laut yang sama pada gelombang permukaan. Gaya restoring terjadi karena perbedaan dentitas pada kedalaman.
4 Tsunami adalah permukaan gelombang yang dibangkitkan oleh gempa bumi selang periode 15 menit.
5 Arus pasang surut adalah arus horizontal dan gabungan arus dengan gelombang internal yang digerakkan oleh pasang surut potensial.
6 Gelombang edge dengan periode terhadap beberapa menit dengan dibatasi oleh wilayah dangkal dekat pantai, amlitudo dari gelombang diturunkan secara ekponen pada jarak dari laut.