Defenisi

SCR (Silicon Controlled Rectifier) yang artinya silikon dikendalikan rectifier. Yang merupakan salah satu keluarga semikonduktoryang meliputi transistordan dioda. Pada SCR kondisi menghantar arus dikuncioleh rangkaian pengendali tetapi kondisi tidak menghantar arus dikendalikan oleh rangkaian daya.

Karakteristik Statis

Pada kondisi bias mundur tingkah laku SCR seperti dioda yang dioperasikan pada kondisi bias yang sama. Saat kondisi bias maju dan arus gate tertentu maka SCR  tidak menghantar aru sampai tegangan blocking  bias maju V (BO) terlampaui, selama itu SCR harus mampu menaggung tegangan yang diaplikasikan kepadanya.

Karakteristik Dinamis

Jika laju pertambahan arus yang mengalir melalui SCR tidak dibatasi, maka mengakibatkan kerapatan arus yang tinggi, demikian juga rugi-rugi daya puncak yang cukup besar. Pada akhirnya mengakibatkan kerusakan pada SCR. Karakteristik dinamis dari SCR pada kondisi peralihan dari tidak menghantar  arus ke menghantar arus.

Karakteristik dinamis thyristor (SCR) tergantung apakah selama proses peralihan dari kondisi menghantar arus ketidak menghantar arus penurunan arus lambat atau cepat, maka menentukan apakah setelah  arus IT kurang dari arus holding IH SCR mengahantar arus atau tidak.

Jika pada SCR selama kondisi tidak mengahantar arus dan pada bias maju dikenakan tegangan dengan laju pertambahan yang sangat tinggi. Maka akibat kapasitansi pada depletion layer, serta hubungan arus SCR akan tersulut dan SCR akan menghantar arus walaupun sinyal penyulut sebenarnya belum ada.

Karakteristik Termal

Dalam bidang elektronika daya rugi-rugi daya saat dioda maupun SCR dalam kondisi tidak menghantar arus serta rugi-rugi daya dalam pengendalian gate dari SCR kebanyakan dapat diabaikan, karena rugi-rugi daya saat kondisi menghantar arus begitu dominan.

Proteksi Terhadap Arus Lebih Dan Hubungan Singkat

Untuk memproteksi SCR terhadap arus hubung singkat maka digunakan sekering, sekering yang sudah dipilih secara benar, harus mampu memproteksi piranti semikonduktor dengan rentang waktu antara 1 sampai 10 ms.

Untuk proteksi terhadap arus lebih dengan memakai sekering:

  • Maka pada penerapan dioda atau SCR dalam konverter berdaya kecil, sekering dipakai untuk proteksi seluruh rentang beban lebih.
  • Pada penerapan dioda maupun SCR dalam konverter berdaya besar, sekering hanya dipakai untuk proteksi terhadap hubung singkat.

Proteksi Terhadap Tegangan Lebih

Tegangan lebih yang muncul pada dioda maupun SCR diakibatkan oleh:

  • Tegangan lebih eksternal, seperti tegangan lebih dari jala-jala.
  • Tegangan lebih intenal, yang diakibatkan oleh tingkah laku dioda atau SCR pada saat peralihan dari menghantar arus ke tidak menghantar arus eksistensi induktansi luar ataupun induktansi beban.

Untuk itu diperlukan langkah-langkah proteksi sebagai berikut:

  • Pemilihan VRRM yang cocok => VRRM = k. 1.1 VT
  • Rangkaian snubber

  • Komponen penekanan tegangan lebih