Ikan Mujair ( Oreochromis mossambicus ) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di perairan payau. O. mossambicus memiliki bentuk badan memanjang dan agak pipih, sisiknya berwarna cokelat sampai cokelat kehijau-hijauan atau cokelat kehitam-hitaman tergantung pada lingkungan hidupnya(Murtidjo, 2001).

Taksonomi ikan mujair (Oreochromis mossambicus) menurut Trewavas(1983) sebagai berikut:

Kingdom         : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Actinopterygii

Ordo                : Perciformes

Famili              : Cichlidae

Genus              : Oreochromis

Species            : Oreochromis mossambicus

O. mossambicusmemiliki kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat, tetapi setelah dewasa kecepatan pertumbuhannya akan menurun.Populasi ikan ini dapat meningkat sangat pesat dalam waktu beberapa bulan saja, apalagi O. mossambicuscukup mudah beradaptasi dengan aneka lingkungan perairan dan kondisi ketersediaan makanan (Sugiarto, 1988).O. mossambicus tergolong ikan omnivora, sehingga dapat hidup pada lingkungan yang berbeda karena tidak bergantung pada sumber makanan tertentu. Jenis makanannya yaitu alga, tanaman, organik partikel, dan invertebrata kecil (ACTFR, 2007). O. mossambicus termasuk dalam salah satu ikan kompetitor yang sering ditemukan dalam jumlah yang banyak di dalam tambak, sehingga menyaingi ruang gerak dan ketersediaan makanan bagi organisme budidaya (Rohman, 1986).

Batas suhu yang dibutuhkan O. mossambicus untuk tumbuh dan bereproduksi adalah 16-30oC dan toleransinya terhadap (salinitas) hingga 35 ppt. Sebelum memijah, O. mossambicus jantan akan menggali tanah dan membuat sarang, dan betina yang tertarik akan mendatanginya sehingga pemijahan terjadi, sedangkan betinanya akan memasukkan telur-telurnya ke dalam mulut untuk dierami setelah telur telah terbuahi (ACTFR, 2007).

Rteferensi

Murtidjo, B.A. 2001. BeberapaMetodePembenihanIkan Air Tawar.Kanisius.Yogyakarta.

Trewavas, E. 1983. Tilapiine Fishes of The GeneraSarotherodon, Oreochromisand Danakilia. Natural History. British Museum. London.

Sugiarto. 1988. Teknik Pembenihan Ikan Mujair Dan Nila. CV Simpleks. Jakarta.

ACTFR (Australian Centre Tropical Freshwater Research). 2007. Pest fish profiles- Oreochromis mossambicus. James Cook University. Diakses pada tanggal 15 Mei 2013 pukul  14:57 WIB melalui http://www.jcu.edu.au/vhosts/actfr/ Projects/Pestfish/Profiles/ProfileOmossambicus.htm.

Rohman, M. 1986. Efektifitas Biji Teh (Saponin) Sebagai Ikan Liar di Tambak. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *