Ada beberapa tahapan pokok penerbitan sebuah artikel pada sebuah berkala ilmiah.

  • Mengakses informasi terkait kualifikasi naskah yang layak diterima.

Pada tahap ini, calon penulis mencari informasi mengenai prosedur menyerahkan artikel, tata cara penulisan artikel menurut berkala ilmiah dimaksud, syarat-syarat ruang lingkup penulisan, syarat-syarat kualifikasi penulis, dan lain sebagainya. Informasi ini biasanya dapat diperoleh dari halaman kover atau halaman pertama suatu berkala ilmiah. Jika informasi belum cukup maka menghubungi redaksi dari nomor kontak yangada cukup membantu. Jika berkala ilmiah bersifat online atau ada laman pengumuman berkala ilmiah di internet, maka informasi tersebut dapa diakses secara online.

  • Mengirim (submit) naskah artikel.

Setelah menyiapkan naskah sesuai tuntutan berkala ilmiah tertentu, kita perlu menyerahkan ke redaksi berkala ilmiah. Umumnya ada 3 cara yang mungkin: mengirimkan lewat pos (dalam bentuk cetak hardcopy), mengirimkan lewat email (berupa file dengan tipe yang ditentukan oleh redaksi), atau men-submit menggunakan sistem online berkala ilmiah tersebut. Untuk cara ketiga biasanya dibutuhkan pendafaran terlebih dahulu dengan fasilitas create login. Setelah berhasil kita melakukan login dan meng-up load naskah artikel yang telah disiapkan.

  • Naskah diseleksi oleh tim redaksi.

Apabila naskah telah diterima redaksi atau telah masuk pada sistem online berkala ilmiah, maka umumnya kita akan mendapatkan notifikasi atau surat yang menyatakan bahwa nasakah artikel kita telah diterima dan akan direview oleh tim reviewer berkala ilmiah.

d. Naskah direview oleh tim reviewer.

Berkala ilmiah memiliki tim reviewer baik yang berasal dari dalam instansi penerbit mapun yang berasal dari luar (mitra bestari). Umumnya review dilakukan terhadap naskah dengan menghilangkan nama dan afiliasi penulis, sehingga disebut blint review.

  • Naskah diperbaiki oleh penulis, dengan atau tanpa konsultasi dengan reviewer.

Jika naskah artikel telah dipandang lolos review dan tidak perlu dikembalikan ke penulis maka naskah akan diproses lebih lanjut. Namun jika memerlukan perbaikan oleh penulis, maka naskah dikembalikan dengan koreksi yang diperlukan kepada penulis.

  • Naskah disunting (layout) oleh tim redaksi.

Jika diperlukan tim redaksi dapat memberi sentuhan akhir, minimal pengaturan halaman nasakah naskah artikel dan footer dan/atau header, karena harus digabung dengan naskah lain dan penyeragaman lay-out.

  • Naskah diterbitkan.

Apabila keseluruhan langkah di atas telah dilalui, maka naskah dicetak menjadi artikel dalam berkala ilmiah bersangkutan, baik yang cetak manual maupun online. Jika dicetak   manual, maka penulis biasanya akan dikirimkan satu eksemplar berkala ilmiah edisi yang memuat artikelnya.

Tahapan di atas, bisa bertambah bisa pula berkurang tergantung pada berkala ilmiah yang akan kita pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *