STUDI TENTANG MERAKIT RANGGKAIAN INTERCOM

 Pintauli Saragih 

Fakultas Teknik UNIMED Jl. Wiliem Iskandar, Pasar V Medan

Abstrak

Intercom adalah suatu media komunikasi elektronik yang dapat menghubungkan pembicaraan dari suatu lokasi lain dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Diperlukan teknik merakit rangkaian intercom agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam makalah ini rangkaian intercom dibangun dengan teknik menggunakan komponen-komponen elektronika aktif dan pasif, dirakit di atas sebuah papan Printed Circuit Board, dengan terlebih dahulu menggambarkan alur rangkaian sebagai tempat komponen lainnya. Sebagai hasil, intercom yang telah dirakit akan bekerja dengan diberi tegangan sumber dari 4 – 12 Volt DC.

Kata-kata Kunci: Merakit, Rangkaian, Intercom

 

Pendahuluan

Dewasa ini perkembangan dunia komunikasi maju dengan pesaat baik yang basis analog maupun digital. Akan tetapi perkembangan teknologi komunikasi tersebut tidak selalu sempurna, artinya selalu ada kelebihan dan kekurangan. Merebahnya dunia teknologi digital seperti sekarang ini membawa dampak yang sangat luar biasa mulai anak-anak sampai orang dewasa bahkan orang tua semua menggunakan HP sebagai media komunikasi personal.

Keuntungan komunikasi jenis ini adalah kepraktisan pemakaian, akan tetapi kerugiannya adalah selalu membeli voucher pulsa agar komunikasi tetap bisa berlangsung. Selain itu diperlukan infrastruktur yang mahal dan yang lebih penting lagi yaitu adanya daerah blankspot yaitu daerah yang tidak terliputi oleh jaringan komunikasi karena stasiun pemancar HP menggunakan sistem relay. Ada cara lain berkomunikasi yaitu menggunakan intercom yang dapat mengurangi bahkan mengeliminir kekurangan apabila komunikasi dilakukan dengan menggunakan HP. Tetapi komunikasi dengan intercom tentunya juga mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat berkomunikasi secara nasional, terbatas, dan tidak efisien. Sedangkan kelebihannya tidak memerlukan infrastruktur yang mahal apabila ingin menggunakannya dan tidak mengenal blankspot. Media komunikasi intercom sangat cocok untuk masyarakat pedesaan terutama daerah pegunungan yang tidak tersentuh oleh sarana komunikasi modern karena mudah dioperasikan dan mudah dibuat.

 

Intercom

Intercom adalah salah satu jenis komunikasi analog dengan system half duplex. System half duplex hanya memungkinkan pembicaraan komunikasi berlangsung secara bergantian. Untuk menghubungkan satu intercom dengan intercom laindi tempat yang jauh dipergunakan seutas kawat tembaga. Secara garis besar intercom terdiri dari tiga bagian utama yaitu:

(1). loudspeaker dan microfon, komponen ini berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi bunyi sedangkan mikrofon berfungsi sebaliknya yaitu mengubah getaran frekuensi suara menjadi sinyal listrik, (2). penguat amplifier, rangkaian ini berfungsi untuk menguatkan sinyal listrik frekuensi suara agar dapat dipindahkan ke tempat yang jauh, (3) switch, komponen ini berfungsi untuk memindahkan posisi komunikasi yaitu sebagai pendengar atau sebagai pembicara. Pada Gambar 1 diperlihatkan alur rangkaian intercom yaitu menghubungkan ketiga komponen utama loudspeaker/microfon, amplifier dan switch.

Alat dan Bahan

Daftar Pustaka

Halkies–Milman, 1972, Integrated Electronics Analog and Digital Circuit and System, Mc. Graw Hillkogahusha LTD

Malvino, Paul Albert, 1985, Prinsip-Prinsip Elektronika, Edisi kedua, Erlangga

Searle, L.Camble-Gray E, Paul, 1970, Electronic Principles Physics, Models, and Circuits, New Delhi

Yohannes HC, 1975, Dasar-Dasar Elektronika, Bagian Teknik Listrik Fakultas Teknik UGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *