Struktur Organisasi Perusahaan | Perusahaan yang berhasil tidak pernah lepas dari organisasi, adanya struktur yang mapan sangat diperlukan untuk menjamin agar rencana manajer dapat dilaksanakan. Struktur organisasi sendiri dapat didefinisikan sebagai kerangka yang mewujudkan pola tetap dari hubungan-hubungan diantara bidang-bidang kerja ataupn oarang-orang yang menunjukkan kedudukan atau wewenang dan tanggumng jawab masing-masing dalam suatu sistem kerja.

Bentuk struktur organisasi menurut Manulang (1994, hal:120) adalah :

Struktur Organisasi Garis

Adalah suatu bentuk dimana kekuasaan dan tanggung jawab mengalir dari atas kebawah, dan struktur organisasi ini berhubungan dengan wewenag dan tanggung jawab antara atasan yang dituntut berpengetahuan yang serbaguna sebab ia tidak memiliki pembantu ahli.

Struktur Organisasi Staf

Adalah terdiri dari beberapa kepala bagianyang mempunyai keahlian dan fungsi tersendiri serta dapat meemerintahkan setiap pekerjaan dalam organisasi tersebut. Tugass-tugas yang diberikan masing-masing kepala bagian tidak sama. Sehingga tidak dijumpai satu kesatuan perintah dan pengawasan yang menimbulkan perselisihan.

 Struktur organisasi Garis dan Staf

Banyak digunakan oleh perusahaan besar yang luas daerah kerjanya serta memiliki bidang tugas yang kompleks. Struktur organisasi ini berusaha menyempurnakan kekurangan yang ada pada struktur organisasi garis. Disini kesatuan perintah tetap dipertahankan, tetapi dalam hal ini terdapat satu atau beberapa orang staf ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberikan nasehat dan saran dalam bidangnya kepada pejabat dan pimpinan dalam organisasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *