Sifat periodik adalah sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom, yaitu dari kiri ke kanan dalam satu periode, atau dari atas ke bawah dalam satu golongan. Sifat-sifat periodik:
1.      Jari-jari Atom
            Jari-jari atom adalah jarak dari inti hingga kulit elektron keluar.
2.      Jari-jari Ion
            Ion mempunyai jari-jari yang berbeda. Ion positif mempunyai jari-jari yang lebih kecil, sedangkan ion negatif mempunyai jari-jari yang lebih besar.
3.      Energi Ionisasi
            Suatu atom dapat melepas elektron, sehingga menjadi ion positif. Pelepasan elektron memerlukan energi untuk mengatasi gaya tarik intinya. Besarnya energi yang diperlukan dalam wujud gas, sehingga terbentuk ion berwujud gas dengan muatan +1 disebut energi ionisasi.
4.      Afinitas Elektron
            Suatu atom dapat menerima tambahan elektron sehingga membentuk ion negatif. Energi yang menyertai penambahan 1 elektron dalam wujud gas membentuk ion bermuatan -1 disebut afinitas elektron.
5.      Keelektronegatifan
            Keelektronegatifan adalah suatu bilangan yang menggambarkan kecenderungan relatif suatu unsur menarik elektron ke pihaknya dalam suatu ikatan kimia.
            Dapat disimpulkan kecenderungan keelektronegatifan sebagai berikut:
· Dari atas ke bawah dalam satu golongan, keelektronegatifan semakin berkurang.
· Dari kiri ke kanan dalam satu periode, keelektronegatifan semakin bertambah.
6.      Sifat logam dan Nonlogam
            Sifat logam kecenderungan atom melepas elektron membentuk ion positif. Jadi, sifat logam akan bergantung pada energi ionisasi. Sifat nonlogam kecenderungan atom menarik elektron.
            Unsur yang terletak pada bagian tengah, mempunyai sifat logam sekaligus sifat nonlogam disebut unsur metaloid. Contohnya yaitu boron dan silikon.
7.      Kereaktifan

            Kereaktifan suatu unsur bergantung pada kecenderungannya melepas atau menarik elektron