• Umum

Medan kerja dan sifat fisik material akan banyak berpengaruh dalam pemilihan secara teknis jenis alat apa yang tepat digunakan dalam pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dengan tidak sesuainya alat dengan kondisi medan kerja/kondisi material, akan menimbulkan kesulitan berupa tidak effisennya alat dan akan menimbulkan kerugian karena banyaknya waktu yang hilang

Material yang berada di permukaan bumi ini sangat beraneka ragam baik jenis, bentuk dan lain sebagainya. Yang dimaksud dengan material dalam pemindahan tanah secara mekanis meliputi tanah, batuan, vegetasi (pohon, semak belukar dan alang-alang).

  • Sifat Fisik Material

Sifat fisik material terhadap alat berat akan berpengaruh terutama dalam hal:

  1. Menentukan jenis alat yang akan digunakan dan taksiran produksi atau kapasitas produksinya
  2. Perhitungan volume pekerjaan
  3. Kemampuan kerja alat pada kondisi material yang ada.

Beberapa sifat fisik material yang penting untuk diperhatikan dalam hubungan dengan aplikasi alat berat adalah:

  • Pengembangan dan penyusutan material
  • Berat material
  • Bentuk Material
  • Kohesivitas material
  • Kekerasan material
  • Daya dukung tanah
    • Pengembangan dan Penyusutan Material.

Pengembangan dan penyusutan material merupakan perubahan (penambahan atau pengurangan) volume material yang terjadi apabila material tersebut diganggu dari bentuk aslinya (digali, dipindahkan, diangkut atau dipadatkan). Dengan adanya perubahan tersebut, pengukuran volume maupun kerapatan material dibedakan:

  1. Keadaan asli (bank measure atau BM) adalah material yang masih alami dan belum mengalami gangguan teknologi (digali, dipindahkan, diangkut dan dipadatkan).
  2. Keadaan gembur (loose cubic meter atau LCM); Material yang telah tergali dari tempat asalnya, akan mengalami perubahan volume yaitu mengembang, hal ini terjadi karena adanya perubahan rongga udara diantara butiran-butiran material, dengan demikian volume akan menjadi lebih besar sedangkan beratnya tetap.

Besarnya penambahan volume tergantung dari faktor kembang tanah (swelling faktor) yang besarnya dipengaruhi oleh jenis tanah. Volume dalam keadaan lepas dapat dihitung dengan persamaan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *