Serangan Asma Pada Anak | Asma dapat dalam keadaan tenang atau tidak serangan, tetapi dapat juga dalam keadaan serangan. Serangan asma pada anak dapat ringan, sedang dan berat. Bahkan dapat jatuh dalam keadaan status asmatikus, yakni serangan asma yang berat yang tidak dapat diatasi dengan obat-obat yang biasa dapat mengatasi serangan tersebut Serangan itu demikian beratnya hingga dapat mengancam jiwa anak, karena itu perlu dirawat di rumah sakit.

Serangan asma yang ringan biasanya cukup diobati dengan obat bronkodilator oral atau aerosol, bahkan ada yang demikian ringannya hingga tidak memerlukan pengobatan. Serangan asma yang sedang dan akut perlu pengobatan dengan obat yang cepat kerjanya, misalnya bronkodilator aerosol atau bronkodilator subkutan misalnya adrenalin. Pada serangan ringan akut tidak diperlukan kortikosteroid tetapi pada serangan ringan kronik atau serangan sedang mungkin diperlukan tambahan kortikosteroid di samping bronkodilator. Pada serangan sedang oksigen sudah perlu diberikan 1 -2 /menit

Pada serangan asma yang berat bila gagal dengan bronkodilator aerosol atau subakutan dan kortikosteroid perlu theophyllin intravena dan koreksi penyim pangan cairan, asam basa dan elcktrolit. Oksigen sangat perlu pada penderita ini. Bila dengan upaya-upaya itu gagal atau diduga akan gagal dan keadaan jiwa anak mungkjn terancam berarti anak sudah masuk dalam keadaan status asmatikus dan harus dirawat di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *