Senyawa merupakan suatu zat yang dibentuk oleh dua atau lebih unsure dengan perbandingan tetap yang menetukanan susunannya. Contoh air merupakan senyawa yang mengandung hydrogen dan oksigen dengan perbandingan dua tahap. Tahap pertama dibentuk dan diuraikan oleh reaksi kimia (Alkins, 1998).

Senyawa adalah campuran dua atau lebih unsur yang dapat dipisahkan secara kimia. ikatan kimia terbagi 3 yaitu, iktan ionik, ikatan kovalen, dan ikatan kovalen koordinasi. Disamping itu ada juga yang dikenal ikatan vanderwaals. Suatu unsur yang belum stabil akan menjadi stabil dengan cara/jalan menyesuaikan susunan elektronnya.

Senyawa kimia adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur dengan melalui reaksi kimia dan senyawa tersebut juga dapat diuraikan lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut. Contoh hydrogen monoksida. (Andy. 2009)

Struktur senyawa adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Senyawa dihasilkan oleh reaksi antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Misalnya kawat besi  dihasilkan oleh reaksi besi  dengan oksigen. Senyawa dapat diurai menjadi unsur-unsur pembentukannya melalui penguraian. (Raymond. 2007).

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan bersama pasangan elektron. Pada ikatan kovalen, kedua atom yang berikatan tertarik pada pasangan electron yang sama. Pada umumnya ikatan kovalen terjadi antarunsur logam dan non logam, yaitu antar unsur yang mempunyai daya tarik elektron relatif besar. Ikatan kovalen terbentuk karena serah-terima elektron tidak dimungkinkan. (Michael. 2004). Ikatan kovalen terjadi akibat ketidakmampuan salah satu atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron terjadi dikarenakan ketidakmampuan melepaskan elektron, yang akan terjadi pada dua buah logam.

—– SEMOGA BERMANFAAT —–

DAFTAR PUSTAKA

Alkins, P.W. 1998, “ Galileo finger,” Oxford University

Andy. 2009, “ chemistry with edition,” New York

Chang Raymond, 2007, “ pre-collage chemistry.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *