Sejarah Microsoft Visual basic(VB) dimulai dari bahasa BASIC (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code) di Dartmouth College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960. Sejak semula BASIC memang dirancang untuk mudah dipelajari, begitu sederhananya sehingga hampir semua pakar pemrograman komputer menggunakan BASIC sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Pada tahun 1975 muncul komputer pribadi (PC) pertama bermerk MITS Altai, namun karena hanya memiliki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa yang bisa digunakan untuk pemrogramannya adalah Assembly, bahasa pemrogaraman yang amat rumit, tentu saja hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gates dan Paul Allen, dua pemuda Amerika yang konsen dalam dunia pemograman komputer melihat potensi besar komputer pribadi di masa depan, keduanya kemudian menulis BASIC untuk Altai, ternyata sambutan masyarakat sangat hangat dan keduanya pun mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan yang sampai saat ini masih menjadi rajanya perangkat lunak.

Tahun 1990 yang merupakan era DOS digantikan era Windows. Tampilan grafis Windows yang sangat bagus dan lebih interaktif, telah mengubah pemrograman dari pekerjaan yang memusingkan kepala menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Microsoft pada akhirnya membuat versi BASIC untuk Windows yang dikenal dengan nama Microsot Visual Basic (VB).

VB memungkinkan pembuatan aplikasi Graphical User Interface (GUI) atau pemrograman yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan pemakainya. Saat ini pemrogram tidak perlu lagi bersusah payah memikirkan desain tampilan mewah bagi suatu program lengkap dengan berbagai icon dan menu. Pemrogram cukup berkonsentrasi pada struktur dan logika dari program yang akan dibuatnya. Pembuatan tampilan user interface yang mewah tersebut relative mudah dilakuakan karena anda hanya perlu meletakkan objek-objek grafis gambar (form) yang sudah disediakan VB, setelah itu pemrogram cukup mengatur property dari objek-objek tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *