Protein termasuk dalam kelompok senyawa yang terpenting dalam organisme, protein adalah poliamida dan hidrolisis protein menghasilkan asam-asam amino. Molekul protein mengandung unsur C,H,O dan unsur khusus N yang tidak terdapat pada karbohidrat dan lemak. Jika protein mengalami hidrolisis total maka akan menghasilkan sejumlah besar asam amino yang sangat bergantung pada cara menghidrolisisnya. Cara menghidrolisis protein adalah dengan cara hidrolisis asam alkalis dan hidrolisis asam enzemik. Dalam molekul protein, asam-asam amino saling berangkaian melalui gugusan karboksil asam amino, yang bersatu dengan yang lainnya yang sering disebut dengan ikatan peptida. Suatu peptida ialah suatu amida yang dibentuk dari dua asam amina atau lebih. Ikatan amida antara satu gugus α amino dari suatu asam amino dan gugus karboksil dari asam amino lain disebut ikatan peptida.
Protein adalah makro molekul yang menunjukkan sifat struktural dan katalik dari semua sel, dapat juga dianggap sebagai material dasar oleh ahli biokimia. Pengetahuan mula-mula tentang sifat protein di peroleh dari studi beberapa material alami yang umumnya bersifatPada buret protein melarutkan Cu (OH)2 membentuk senyawaan kompleks yang berwarna, sedangkan xantoprotein didasarkan pada adanya nitrasi inti benzen didalam molekul protein. Denasturasi suatu protein ialah hilangnya sifat-sifat struktur lebih tinggi oleh terkacaunya ikatan hidrogen dan gaya-gaya sekunder lain yang mengukur molekul protein (Fessenden dan Fessenden. 1999)
Dalam protein sering kita temukan enzim bakteri, poli peptida dalah ukuran kecil, asam amino dan amenia. Protein digunakan untuk memperlanccar ekresi nitrogen (Canfaraw.1957)
Banyak reaksi kimia tanpa katalis dan biokatalis menghasilkan enzim yang dikenal dengan protein. Setiap protein atau polipeptida memiliki stuktur kimia yang unik dalam bentuk biologisnya maupun fisiknya. Kira-kira 50% dari berat kering organisme yang hidup adalah protein. Semua katalisator yang berjumlah ribuan yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia dalam zat hidup adalah protein (Kenbal, 1988).

Daftar Pustaka Materi diatas ada di bawah ini silahkan Download
Jika link di atas tidak berfungsi silahkan coba yang di bawah ini