Manusia senantiasa mengalami proses penuaan yang hingga kini tak dapat dihindari. Proses penuaan ditandai dengan adanya kemunduran fungsi dari berbagai organ tubuh secara perlahan-lahan. Proses menua tersebut ada yang normal yaitu yang tidak menimbulkan sakit dan ada pula yang patologis yang terjadi karena kemunduran fungsi akibat penyakit. Dengan disertai daya imunologik yang menurun karena usia lanjut, maka peluang terserang penyakit lebih besar. Dalam hal ini jumlah sel Limfosit T yang sangat berperan dalam sistem pertahanan tubuh fungsinya telah menurun, walaupun jumlahnya sama. Pada penyakit AIDS jumlah sel Limfosit T sangat berkurang sehingga sering dihinggapi macam-macam penyakit infeksi sebagai komplikasi.
Arteriosklerosis adalah dasar dari proses ini. Dalam hal ini terdapat pengerasan dari dinding pembuluh darah sehingga kurang elastis seperti semula, seringkali ada bercak-bercak endapan kapur pada lapisan sel-sel endotel yang melapisi bagian dalam dari pembuluh darah yang ikut membuat pembuluh darah menjadi kaku. Pada usia lanjut selain perubahan dari penampilan seperti tersebut diatas, pada kulit dan rambut terdapat pula kemunduran dari fungsi otak dikarenakan otak yang makin mengecil. Daya keseimbangan mungkin terganggu dan fungsi panca indra mengalami kemunduran disertai fungsi organ-organ yang juga mundur antara lain paru-paru, jantung, ginjal, hati dan otot. Tinggi badan dapat berkurang beberapa sentimeter karena keping-keping tulang belakang menipis. Kini diketahui bahwa penuaan antara lain disebabkan juga karena kerusakan DNAdari sel-sel tubuh pada masa proses penuaan. Beberapa komponen yang mempengaruhi proses menua.
a.   Faktor fisiologik
–  Genetik
–  Sirkulasi darah
–  Regulasi hormon dan neural.
b.  Gaya hidup
–  Nutrisi
–  Stress
–  Aktifitas fisik
c.  Lingkungan
–  Kimia
–  Obat
–  Radiasi
–  Mikroorganisme
d.  Proses menua pada Makromolekul
–  Protein
–  DNA-RNA
–  Lipid
e.  Proses menua pada sel
–  Hilangnya sel
–  Penurunan fungsi
f.  Penyakit terkait
–  Kardiovaskular
Gangguan fungsi yang merupakan manifestasi awal penyakit:
–  Berhenti makan dan minum
–  Inkontinesia urin
–  Pusing
–  Acute Confusional State
–  Demensia
–  Kehilangan berat badan
–  Failure to Thrive

Oleh karena itu, proses atau mekanisme penuaan merupakan gabungan beberapa faktor yang dapat mempercepat terjadinya peristiwa tersebut. Proses dan faktor-faktor ini sekaligus menjelaskan tentang beberapa proses terjadinya penuaan yang telah diketahui sampai saat ini.