1. Prosedur Pengajuan Makalah pada Forum Ilmiah

 Ada beberapa tahapan pengajuan makalah pada forum ilmiah. Berikut ini tahapa lengkap (tidak semua melalui keseluruhan tahapan):

  1. Mengakses informasi terkait kualifikasi naskah yang layak diterima dengan memperhatikan tema, ruang lingkup isi tulisan, ketentuan pemakalah, serta tanggal penting seperti batas akhir pengiriman abstrak.
  2. Mengirim (submit) abstrak dan/atau makalah.
  3. Abstrak dan/atau makalah diseleksi oleh tim
  4. Mempresentasikan makalah
  5. Memperbaiki/melengkapi makalah berdasarkan saran saat presentasi di forum
  6. Mengirim makalah lengkap
  7. Naskah direview oleh tim
  8. Memperbaiki makalah dengan atau tanpa konsultasi dengan reviewer.
  9. Mengirim makalah final
  10. Makalah diterbitkan dalam prosiding

2. Menyiapkan Presentasi dalam Forum Ilmiah

 Bila makalah telah diterima oleh pihak penyelenggara, hal berikut yang perlu disiapkan oleh guru calon presenter adalah persiapan presentasi. Meskipun Anda telah menyiapkan makalah, Anda perlu menyiapkan materi presentasi dan skenario presentasi. Persiapan materi presentasi minimal meliputi menyiapkan bahan tayang dan melatih keterampilan berkomunikasi lisan. Keterampilan berkomunikasi lisan perlu dimiliki oleh presenter. Hal ini dapat dilakukan dengan berlatih didepan cermin atau tampil didepan kalangan terbatas untuk mendapat saran yang membangun.

Persiapan skenario presentasi meliputi merencanakan tahap penyajian dimana hal ini dapat langsung diakomodasi pada saat menyusun bahan tayang. Pada saat menyusun bahan tayang, Anda mengatur tahap-tahap presentasi yaitu apa saja yang perlu disajikan, bagaimana urutannya dan bagaimana cara penyajiannya.

Hal yang perlu dipresentasikan adalah latarbelakang penulisan, gagasan pemecahan masalah, proses tindakan (untuk PTK), hal-hal menarik yang terjadi selama penelitian, analisis/sintesis dari berbagai sudut pandang teoretis atas masalah yang diajukan, dan simpulan (hasil penelitian atau simpulan guru atas kajian pustaka).

Tahap-tahap penyajian umumnya meliputi perkenalan pribadi (tidak perlu jika sudah dikenalkan oleh moderator), penjelasan judul makalah, abstrak untuk memberikan gambaran isi makalah, pemaparan isi makalah, dan penutup.

3. Mempresentasikan Makalah dalam Forum Ilmiah  

Cara presentasi yang umum digunakan adalah dengan menceritakan/paparan yang bersifat informatif atau satu arah dari presenter kepada pendengar. Anda perlu memikirkan strategi agar pendengar tidak bosan dan lebih mudah menangkap esensi dari informasi yang disampaikan. Misalnya, presenter dapat memutar cuplikan video pembelajaran sebagai ilustrasi, menampilkan foto-foto yang relevan dengan isi makalah atau membawa alat peraga/media lainnya. Dengan demikian, hindari penampilan presenter hanya sebagai pembaca makalah di depan forum.

Etika akademik saat presentasi juga perlu Anda perhatikan yaitu berkomunikasi dengan santun dalam menyampaikan gagasan maupun menanggapi pertanyaan/pernyataan dari pendengar. Dalam forum ilmiah sangat dimungkinkan terjadi perbedaan pendapat, hal ini perlu ditanggapi dengan baik oleh presenter. Forum ilmiah hendaknya dijadikan sebagai ajang tegur sapa akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *