Rumuskan Tujuan Yang Ingin Dicapai

Merumuskan tujuan yang ingin dicapai merupakan langkah pertama yang dipersiapkan guru. Tujuan yang ingin dicapai sebaiknya dirumuskan dalam bentuk tingkah laku yang spesifik dan berorientasi dari hasil belajar. Pembelajaran dengan cara ceramah menyebabkan guru terlena dengan pembahasan yang dilakukan sehingga materi pelajaran melebar, tidak fokus pada permasalahan dengan rumusan tujuan yang jelas maka tujuan yang harus dicapai akan jadi faktor yang mengikat bagi guru dalam menyampaikan bahan pelajaran.

Kuasai Materi Dengan Baik

Penguasaan materi dengan baik merupakan syarat mutlak penggunaan model pembelajaran ekpositori. Penguasaan materi yang sempurna akan membuat kepercayaan diri seorang guru meningkat sehingga guru akan mudah mengelolah kelas, guru akan bebas bergerak, berani menatap peserta didik, tidak takut dengan perilaku peserta didik yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar. Agar guru dapat menguasai materi pelajaran maka yang dilakukan yaitu:

  1. Pelajari sumber belajar yang mutakhir
  2. Persiapan masalah-masalah yang mungkin muncul dengan cara menganalisis materi pelajaran dengan detail.
  3. Buat garis besar materi yang akan disampaikan untuk memadu dalam penyajian.

Kenali medan dan berbagai hal yang dapat mempengaruhi proses penyampaian

Mengenali lapangan atau medan merupakan hal penting dalam persiapan. Pengenalan medan yang baik memungkinkan guru untuk mengantisipasi kemungkinan yang menggangu penyajian materi pelajaran. Hal-hal yang berhubungan dengan medan yang harus dikenali yaitu:

  1. Latar belakang peserta didik yang akan menerima materi misalnya kemampuan dasar, pengalaman belajar sesuai dengan materi, minat dan gaya belajar peserta didik
  2. Kondisi ruangan, baik luas atau besarnya ruangan, pencahayaan, posisi tempat duduk dan kelengkapan ruangan. Pemahaman kondisi ruangan diperlukan untuk mengatur tempat duduk dan menempatkan media yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *