1. Program informasi adalah segala jenis siaran yang tujuannya untuk memberikan tambahan pengetahuan (informasi) kepada khalayak audien.
Program informasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
a. Hard News (berita keras) adalah segala informasi penting dan menarik yang harus segera ditayangkan oleh media penyiaran karena sifatnya yang harus ditayangkan agar dapat diketahui khalayak secepatnya.
Program yang masuk ke dalam kategori berita keras, antara lain :
• Straight News adalah berita langsung di mana beritanya singkat (tidak detail) dengan hanya menyajikan informasi terpenting saja yang mencakup 5W + 1H (who, what, where, why, dan how) terhadap suatu peristiwa yang diberitakan. Berita jenis ini sangat terikat waktu (deadline) karena informasinya sangat cepat basi jika terlambat kepada audien.
Contoh programnya : Liputan 6 (SCTV), Seputar Indonesia (RCTI), Reportase (Trans TV), dan Metro Malam (Metro TV).
• Feature adalah berita suatu program berita ringan namun menarik (lucu, aneh, unik, menimbulkan kekaguman, dan sebagainya)
Contoh programnya : Bingkai Berita,Insert Investigasi,Griya Unik, Etalase, Koper dan Ransel,Jelang Siang (Trans TV), Silet (RCTI),dan Delik (TPI).
• Infotainment adalah berita yang menyajikan informasi mengenai kehidupan orang-orang yang dikenal masyarakat (celebrity) dan memuat informasi yang harus segera ditayangkan.
• Contoh programnya : Kabar-Kabari, Cek dan Ricek,dan Hot Shot (RCTI), Halo Selebriti (TPI), Insert Siang (Trans TV) dan Ada Gosip (SCTV).

b. Soft News (berita lunak) adalah segala informasi penting dan menarik yang disampaikan secara mendalam (indepth) namun tidak bersifat harus segera ditayangkan.
Program yang masuk ke dalam kategori berita lunak, antara lain :
• Current Affair adalah program yang menyajikan informasi yang terkait dengan suatu berita penting yang muncul sebelumnya namun dibuat secara lengkap dan mendalam.
Contoh programnya : Telisik (ANTEVE), Horison (Indosiar) dan Suara Anda (Metro TV).
• Magazine adalah program yang menampilkan informasi ringan namun mendalam yang lebih menekankan pada aspek menarik suatu informasi ketimbang aspek pentingnya atau dengan kata lain magazine adalah feature dengan durasi yang lebih panjang yang ditayangkan terpisah dari program berita.
Contoh programnya : Jika Aku Menadi, Debat Capres Cawapres, Balada Hidup Ini Indah (Trans TV).
• Dokumenter adalah program informasi yang bertujuan untuk pembelajaran dan pendidikan namun disajikan dengan menarik yang menceritakan tentang sejarah seorang tokoh atau kehidupan suatu masyarakat dan sebagainya.
Contoh Programnya : Maestro (MetroTV), Jendela (TPI), Gapura (Trans TV), Telusur (TV-One),Urban (RCTI), Potret (SCTV), dan Mata Rantai (ANTV).
• Talk Show (perbincangan) adalah program yang menampilkan satu atau beberapa orang untuk membahas suatu topik tertentu yang dipandu oleh seorang pembawa acara (host). Mereka yang diundang adalah orang yang berpengalaman langsung dengan peristiwa atau topik yang diperbincangkan atau mereka yang ahli dalam masalah yang tengah dibahas.
Contoh Program : Republik Mimpi, Kick Andy (Metro TV), Ceriwis (Trans TV), Bincang Bincang (ANTV), Pro Kontra (TPI), dan Duduk Perkara (TV 7).

2. Program hiburan adalah segala jenis siaran yang tujuannya untuk menghibur khalayak audien.
Program yang termasuk kedalam kategori hiburan, antar lain :
• Musik adalah program yang menampilkan acara musik dan klip-klip video musik dari penyanyi terkenal untuk pemirsa kaum muda sebagai hiburan. Banyak kemasan program yang digunakan oleh produser televisi untuk menayangkan program musikal. Musikal terbagi atas :
o Video klip : MTV Ampuh, Dahsyat (RCTI), Inbox (SCTV), Derings (Trans TV)
o Konser : Konser Harmoni (SCTV), Konser Kemerdekaan(Trans TV), Konser Kelly Clarkson (Trans 7), Konser Akbar Tahun Baru (RCTI),Konser World Cup 2010 (RCTI), Konser Dangdut Merah Putih (TPI).

• Drama adalah inti dari sebuah program video dan televisi bebentuk drama adalah adanya konflik dari orang – orang yang terlibat (pelaku) di dalamnya. Program berbentuk drama biasanya dimulai dengan mengenalkan karakter dari orang – orang yang terlibat di dalamnya yang kemudian diikuti dengan konflik yang dibangun secara dramatik yang melibatkan para pelaku tersebut. Konflik ini biasanya diselesaikan pada akhir cerita. Penyelesaian konflik pada akhir cerita dapat berupa happy ending atau sebaliknya. Drama terbagi atas :
o Film adalah penayangan layar lebar yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan film yang bertujuan untuk layar lebar maka biasanya film baru bisa ditayangkan di televisi setelah terlebih dahulu dipertunjukkan di bioskop atau bahkan setelah didistribusikan atau dipasarkan dalam bentuk VCD atau DVC. Contoh film : Box Office Movie (Trans TV).
o Sinetron merupakan drama yang menyajikan cerita dari berbagai tokoh secara bersamaan. Penayangan sinetron biasanya terbagi dalam beberapa episode dan sinetron cenderung dibuat berkepanjangan selama masih ada audiens yang menyukainya. Contohnya : Kemilau Cinta Kamila, Safa dan Marwah (RCTI), Mawar Melati, Kesetiaan Cinta (SCTV).
• Permainan adalah suatu bentuk program yang melibatkan sejumlah orang, baik secara individu ataupun kelompok yang saling bersaing untuk mendapatkan sesuatu. Permainan terbagi atas :
o Quiz Show merupakan Program berbentuk quiz biasanya berisi tantangan yang melibatkan pesertanya atau bahkan pemirsa untuk menjawab tantangan, Peserta yang berhasil menjawab tantangan akan memperoleh reward (hadiah) sebagai imbalan. Contoh : Gong Show, Maju Terus Pantang Mundur, Missing Lyrics (Trans TV), Who Wants To Be A Millionaire, Boombasris, SiapaLebih Berani, Kata Berkait, Kuis Piramida (RCTI), dan Take Me Out (Indosiar).
o Reality Show adalah merupakan suatu program yang menyajikan suatu situasi seperti konflik, persaingan atau hubungan berdasarkan realitas yang sebenarnya. Contohnya : Nikah Gratis, Mata-mata,Uang kaget, Minta Tolong (RCTI), Termehek-Mehek (Trans TV), dan Orang Ketiga (SCTV).
• Pertunjukan adalah program yang menampilkan kemampuan seseorang atau beberapa orang pada suatu lokasi, baik di studio atau di luar studio, di dalam ruangan atau luar ruangan. Pertunjukan terbagi atas :
o Lawak/Komedi : Extravaganza,Sinden Gosip, Prime Time (Trans TV)dan Ketoprak Humor (RCTI).
o Sulap : Cinta Juga Kuya,Uya Emang Kuya (Trans TV),dan The master (RCTI).
o Tarian : Jaipong tahun 1980 (TVRI).

Comments