PENDAHULUANBAB I

  1. Latar belakang

Pada perkembangan teknologi sekarang ini  internet adalah kebutuhan sehari – hari yang gunanya untuke mengecek e-mail, bermedia sosial, mencari literatur, download, dan lainnya.  Hal tersebut mungkin tidak dapat  kita lakukan ketika kita sedang berpergian dan sekarang ini ada fitur internet yang bias dinikmati via mobile.

Perangkat mobile menggunakan teknologi GPRS ( General Packet Radio Service) yang memungkinkan untuk berinternet di mana pun berada selama sinyal GPRS tersebut mencakup. Teknologi ini telah cukup lama ditawarkan oleh operator GSM.

Kemunculan GPRS didahului dengan penemuan telepon genggam generasi 1G dan 2G yang kemudian mencetuskan ide akan penemuan GPRS.

GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip ‘tunnelling’. Ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM.  Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna  dan kanal yang sama dapat pula digunakan secara berbagi (‘sharing’) di antara beberapa pengguna sehingga menjadi sangat efisien.

GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data dengan laju bit yang lebih tinggi dengan tarif rendah ,sehingga membuat layanan data menjadi menarik bagi pasar massal. Para operator jaringan komunikasi bergerak di luar negeri kini melihat GPRS sebagai kunci untuk mengembangkan pasar komunikasi bergerak menjadi pesaing baru di lahan  yang pernah menjadi milik jaringan kabel, yakni layanan internet. Kondisi ini dimungkinkan karena ledakan penggunaan internet melalui jaringan kabel (telepon) dapat pula dilakukan melalui jaringan bergerak. Sebagai gambaran kecil, layanan bergerak yang kini menjadi sukses di pasar (bagi operator di manca negara) misalnya adalah, laporan cuaca, pemesanan makanan, berita olah raga sampai ke informasi seperti berita-berita penting.

  1. Rumusan Masalah

Dalam penulisan makalah ini kami akan menjelaskan tentang permasalahan yang berhubungan dengan Spread Spektrum Komunikasi

  1. Apa yang dimaksud dengan GPRS?
  2. Sejarah komunikasi GPRS?
  3. Apa saja fungsi GPRS dalam kegiatan komunikasi?
  4. Bagaimana cara kerja komunikasi GPRS?
  5. Kelas pada komunikasi GPRS?
  6. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari makalah ini adalah menjelaskan tentang Prinsip GPRS secara lebih spesifik agar lebih mudah untuk dipahami oleh audiensi.

  1. Metode Penulisan

Metode penulisan makalah ini adalah studi literatur dengan menggunakan bahan adari berbagai sumber dari internet dan buku.

BAB II

PEMBAHASAN

PRINSIP GPRS

  1. DEFINISI

GPRS (singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service, GPRS) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

id.wikipedia.org/wiki/GPRS

            GPRS adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar, dan penelusuran internet. GPRS yang juga disebut teknologi 2.5G merupakan evolusi dari teknologi 1G dan 2G sebelumnya. Layanan GPRS tersebut dapat dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Di Indonesia, GPRS diperkenalkan pada tahun 2001 saat penyedia jaringan seperti IM3 mempromosikannya. Idealnya jaringan GPRS memiliki kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, namun kenyataannya, hal tersebut tergantung dari faktor-faktor seperti konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS, software yang digunakan, dan dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan.

http://googlingworld.orgfree.com/?p=95

GPRS menggunakan modulasi radio yang sama dengan standar GSM, pita frekuensi yang sama, struktur burst yang sama, hukum-hukum lompatan frekuensi yang sama, dan struktur bingkai (frame) TDMA yang sama. Kanal-kanal data paket yang baru sangat mirip dengan kanal-kanal lalulintas percakapan tersakelar rangkaian. Dengan demikian  BSS (Base Station Subsystem) yang sudah ada akan menyediakan cakupan GPRS lengkap mulai dari ujung jaringan. Namun dibutuhkan sebuah entitas jaringan fungsional baru, yakni PCU (Packet Control Unit) yang berfungsi sebagai pengatur segmentasi paket, akses kanal radio, kesalahan-kesalahan transmisi dan kendali daya. Penyebaran jaringan GPRS adalah dimulai dengan introduksi sebuah subsistem jaringan overlay baru (NSS=Network SubSystem).

  1. SEJARAH GPRS

Adanya perkembangan teknologi GPRS didahului dengan penemuan telepon genggam generasi 1G dan 2G yang selanjutnya menjadi inspirasi sebagai pengembangan GPRS. Penemuan GPRS terus berkembang hingga kemunculan generasi 3G, 3,5G, dan 4G. Perkembangan teknologi komunikasi ini disebabkan oleh keinginan untuk selalu memperbaiki kinerja, kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya. 1. Generasi 1G: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System). 2. Generasi 2G: digital, kecepatan rendah – menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. 2G merupakan jaringan telekomunikasi seluler yang diluncurkan secara komersial pada GSM di Finlandia oleh Radiolinja pada tahum 1991.

id.wikipedia.org/wiki/GPRS

  1. KOMPONEN GPRS

Komponen-komponen utama pada jaringan GPRS adalah :

  • GGSN ( Gateway GPRS Support Node ) à gerbang penghubung jaringan GSM ke jaringan internet
  • SGSN ( Serving GPRS Support Node ) à gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS
  • PCU à komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS
  • SGSN ( Serving GPRS Support Node)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *