Prinsip Energi Angin | Prinsip kerja turbin angin atau kincir angin merupakan kebalikan dari kipas listrik, jika kipas listrik memanfaatkan energi listrik menjadi putar, turbin angin mengubah energi angin yang melewatinya menjadi energi listrik.

Udara yang bergerak ke arah turbin angin akan memutar kincir/baling-baling. Kemudian pada gearbox, putaran dari baling-baling akan ditingkatkan lalu masuk ke dalam generator. Pada generator AC(alternator), energi listrik akan dikonversi oleh rectifier sebelum disimpan ke dalam accumulator/baterai.

Sedangkan untuk generator DC, energi listrik akan langsung disimpan ke baterai. Sebelum energi listrik itu ditransmisikan, listrik DC dari baterai akan diubah menjadi listrik AC dengan bantuan sebuah inverter. Dengan transformator step-up, listrik AC tersebut diubah menjadi listrik tegangan tiggi dan siap untuk ditransmisikan ke rumah-rumah.

Selain itu di dalam sistem PLTB juga terdapat charge controller (control system) yang berfungsi mengatur arus yang lewat supaya tidak terlalu kecil/berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *