Pengertian Presentasi | Presentasi adalah salah satu upaya dalam memperjelas topik atau pembahasan tertentu dengan menggunakan berbagai media dalam waktu tertentu.




Presentasi merupakan salah satu cara yang dimanfaatkan oleh para instruktur karena pendekatan tersebut secara mudah dan efektif dapat menjelaskan pembahasan yang kompleks dan rumit sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak membosankan dan melelahkan.

Pengembangan media presentasi harus dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran. Beberapa prinsip berikut adalah :

  1. Harus dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan instruksional, karena pada dasarnya media presentasi yang dibahas pada tugas akhir ini adalah untuk keperluan pembelajaran. Jika kita tidak menerapkan prinsip ini, maka bahan presentasi yang kita hasilkan akan menjadi tidak efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  2. Pengembang media presentasi seyogyanya mempertimbangkan atau menggunakan secara maksimal segala potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh jenis media presentasi ini. Unsur-unsur yang perlu didayagunakan pada pembuatan media presentasi ini antara lain memiliki kemampuan untuk menampilkan teks, gambar, animasi, dan unsur audio. Sedapat mungkin unsur-unsur tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam pembuatan media presentasi yang akan dibuat.
  3. Prinsip kebenaran materi dan kemenarikan sajian. Materi yang disajikan harus benar substansinya dan disajikan secara menarik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *