Di era globalisasi saat ini, televisi bukanlah suatu hal yang langka bagi masyarakat pada umumnya. Kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat khususnya pada televisi mampu menciptakan bermacam-macam bentuk dan fungsi yang ada di dalamnya, sehingga semakin menunjang khalayak dalam menikmati suatu acara yang ada di televisi. Tanpa kita sadari program-program yang disiarkan oleh televisi akan memanjakan semua orang pada waktu yang luang, sehabis bekerja bahkan dalam suasana bekerja pun orang-orang masih menyempatkan diri untuk menonton televisi. Sajian acara yang variatif dan sangat menarik sering membuat orang rela meluangkan waktunya untuk duduk di depan televisi lebih lama lagi. Namun dibalik itu semua dengan dan tanpa disadari, maka televisi saat ini telah memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Besarnya pengaruh siaran televisi terhadap masyarakat disebabkan karena masyarakat sangat memerlukan media yang dapat memenuhi kebutuhan dalam segala bidang mulai dari informasi, pendidikan sampai dengan hiburan. Manusiapun berlomba ingin menampilkan segala macam sesuatu dengan tujuan agar dilihat oleh orang lain melalui media televisi. Dalam hal ini televisi menjadi media informasi yang paling efektif dalam hal merubah paradigma masyarakat. Tidak ada satu faktor dalam kehidupan kita abad ini  tidak juga sistem pendidikan, agama, ilmu pengetahuan, atau juga seni dapat menyebar dan sekaligus berpengaruh karena diterima secara total oleh semua anggota masyarakat seperti yang dilakukan oleh televisi.

Dari siaran televisi bukan hanya suara saja yang dapat kita tangkap, akan tetapi kita juga dapat melihat secara langsung ekspresi yang mereka perankan, sehingga dari sinilah perubahan itu dimulai yang mana masyarakat selalu diselubungi dengan perasaan simpati, empati ataupun yang lainnya terhadap budaya yang jarang mereka saksikan dalam keseharian mereka. Untuk itulah, stasiun televisi harus pandai-pandai mengikuti selera penonton, entah itu dengan mencoba membuat program-program baru yang menarik atau dengan menyajikan gebrakan-gebrakan baru yang segar dan orisinal. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh stasiun televisi nasional atau swasta tetapi juga stasiun televisi lokal.

Semakin pesatnya pertumbuhan industri televisi di Indonesia, terutama dengan lahirnya banyak stasiun televisi lokal di daerah, menjanjikan banyak harapan. Kehadiran televisi lokal menambah variasi atau pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, hiburan, dan pendidikan. Televisi lokal bisa menjadi mimbar perdebatan masyarakat lokal mengenai isu-isu atau persoalan-persoalan lokal yang sedang dihadapi. Selain itu, keberadaan televisi lokal dapat menjadi sarana pengembangan potensi daerah, sehingga menjadi lebih maju dan sejahtera melalui pengembangan perekonomian rakyat.

Kekuatan stasiun televisi lokal terletak pada kelokalannya itu sendiri, yaitu membawa nilai-nilai luhur budaya daerah, dengan mengangkat budaya dan kearifan lokal yang hidup dan berkembang di masyarakat. Untuk itu, televisi lokal dituntut untuk menciptakan, memproduksi dan mengemas suatu program lokal yang benar-benar menarik dan dekat dengan masyarakatnya. Mulai program acara berita, musik dan hiburan, pendidikan, program kesenian dan kebudayaan hingga potensi ekonomi lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *