Oleh : Cut Mirayana 
Penulis adalah Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

A. Pengertian komunikasi Pemasaran

Pemasaran adalah proses mempengaruhi dalam mempromosi suatu proses praktek periklanan karena konsep dari komunikasi pemasarana ialah komunikasi sebagai suatu proses mempengaruhi dan merubah sikap/pola pikir . Konsepnya memberikan kepuasan kepada konsumen.
Pemasaran merupakan salah satu kegitan pokok perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan laba. Oleh karena itu perlu adanya koordinasi dan kerjasama dari pihak-pihak yang terlibat dalam usaha perusahaan.
Kegiatan pemasaran tidak hanya terdiri dari kegiatan menyampaikan produk ke tangan pelanggan, tetapi juga harus dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan, mengungkapkan definisi pemasaran sebagai suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada pelanggan saat itu maupun pelanggan potensial.
Komunikasi Pemasaran ialah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen
Komunikasi pemasaran dapat dinyatakan sebagai kegitan komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan pada konsumen dengan berbagai media dengan harapan agar komunikasi dapat meghasilkan 3 tahap perubahan, yaitu perubahan pengetahuan, prubahan sikap dan perubahan tindakan yang dikehendaki. Kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan tehnik-tehnik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan pada orang banyak agar tujuan perusahaan tercapai yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.


B. Ruang Lingkup Komunikasi Pemasaran
Bidang-bidang komunikasi pemasaan :
 Komunikasi internal
Seorang pelaku pasar dalam kegiatan pasarnya harus bisa membina hubungan yang baik melalui aktivitas komunikasi enggan pemilik, manajemen dan karyawan. Sebab ketiga sasaran yang berada di dalam lingkungan organisasi/lembaga tersebut sangat berperan dan menentukan keberhasilan pemasaran.
Cara komunikasi yang digunakan dalam komunikasi internal dapat berupa komunikasi lisan, tulisan, audiovisual atau gabungan ketiganya. Sedangkan arus yang terbaik adalah arus komunikasi 2 arah sehingga pelaku komunikasi pemasaran harus berani untuk membuka saluran komuniksi baik formal maupun informal, hal tersebut mengingat adanya kelemahan komunikasi internal dalam komuniksi pemasaran, yaitu pesan biasanya didominasi oleh pihak manajemen atau bahkan komunikasi berjenjang sehingga akibatnya pesan komunikasi sering terjadi pengurangan/penyimpangan.MAKALAH LENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI