Peranan – Peranan dalam pengertian sehari-hari memiliki pengertian penting karena mengatur perilaku seseorang, yang menyebabkan seseorang pada batas-batas tertentu dalam meramalkan perbuatan-perbuatan orang lain,orang yang bersangkutan akan dapat menyusaikan perilaku sendiri dengan perilaku orang-orang sekelompoknya.hubungan sosial yang ada dalam masyarakat merupakan hubungan antara peranan-peranan individu dalam masyarakat.peranan diatur dengan norma-norma yang berlaku, misalnya norma kesopanan menghendaki seorang laki-laki bila berjalan bersama seorang wanita,harus disebelah luar.

Pengertian peranan menurut  soerjono soekanto dalam bukunya yang berjudul suatu pengantar “merupakan aspek dinamis kedudukan (status).apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya maka dia menjalankan suatu peranan.dari pengertian yang dikemukakan oleh soejono soekanto terdapat keterkaitan antara kedudukan dengan peranan,bahwa kedudukan tidak dapat dipisahkan,karena yang satu tergantung pada yang lainnya,demikian pula sebaliknya,tak ada peranan tampa kedudukan atau kedudukan tanpa peranan.

Secara etimologi kata peranan pada dasarnya merupakan bentuk kerja,menurut W.J.S Poerwadarminta dalam bukunya kamus umum bahasa indonesia,bahwa peranan adalah:

  1. Jabatan ( yang dilakukan) pekerjaan yang dilakukan, misalnya jika ketua tidak ada wakil ketua bertindak sebagai ketua.
  2. Kerja bagian suatu tubuh misalnya jantung.
  3. Kebesaran (Quality) yang berhubungan dan jika kebesaran yang lain pun berubah juga.

Hal ini menunjukkan bahwa peranan secara etimologis memiliki 3 (tiga) pengertian,sedangkan yang lebih jelas dipaparkan oleh The Liang Gie,yang menyatakan bahwa”peranan adalah kelompok tugas pekerjaan meliputi sejumlah aktifitas yang tergolong pada jenis yang sama didasarkan pada  sifatnya,pelaksanaanya atau karena menyatakan urutan ataupun secara praktis saling tergantung satu sama lain.

Menurut soejono soekanto dalam bukunya sosiologi suatu pengantar mengatakan “peranan adalah merupakan aspek dinamis dari kedudukan apabila seorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka dia manjalankan peranannya.

Peranan merupakan suatu kegiatan atau bagian yang mempunyai tugas yang berbeda-beda satu sama lain dalam satu kesatuan yang mencapai suatu sasaran dan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dari pengertian yang dikemukakan diatas terdapat keterkaitan antara kedudukan dengan peranan,bahwa keduanya tidak dapat dipisah-pisahkan karena tidak ada peranan tanpa kedudukan atau kedudukan tanpa peranan.hal ini menunjukkan bahwa peranan menentukan apa yang diperbuat oleh seseorang bagi masyarakat dan kesempatan-kesempatan apa yang diberikan oleh masyarakat kepada orang tersebut.peranan memiliki pengertian penting karena dia mengatur prilaku seseorang. Peranan juga merupakan hubungan antara individu dalam masyarakat yang diatur oleh norma-norma yang berlaku secara umum maupun dalam wilayah tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *