Definisi Penilaian

Penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan siswa) (Poerwanti, 2008:9) Sejalan dengan hal tersebut Purwanto (2009:3) juga menyatakan Evaluasi bukan hanya merupakan kegiatan akhir atau penutup dari suatu program, melainkan merupakan kegiatan yang dilakukan pada permulaan, selama program berlangsung dan pada akhir program setelah program itu dianggap selesai. Hal tersebut juga didukung oleh pendapat Sudjana (2010:3) yang menyatakan bahwa penilaian dapat dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai atau awal memasuki materi yang baru, dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar bekal dan wawasan siswa tentang suatu materi. Penilaian ditujukan untuk mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar yang telah dilakukan.

Prinsip-Prinsip Dasar Tes Hasil Belajar

Purwanto (2009:23) menyatakan ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan di dalam menyusun tes hasil belajar agar tes tersebut benar-benar dapat mengukur tujuan pelajaran yang telah diajarkan, atau mengukur kemampuan dan atau ketrampilan siswa menyelesaikan unit pengajaran tertentu.

  1. Tes Hendaknya dapat mengukur secara jelas hasil belajar (learning outcomes) yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan instruksional.
  2. Mengukur sample yang representatif dari hasil belajar dan bahan pelajaran yang telah diajarkan.
  3. Mencakup bermacam-macam bentuk soal yang benar-benar cocok untuk mengukur hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan tujuan.
  4. Didesain sesuai dengan kegunaanya untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
  5. Dibuat seandal (reliable) mungkin sehingga mudah diinterpretasikan.
  6. Digunakan untuk memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru.

Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif

Menurut Purwanto (2009:26) Penilaian formatif adalah kegiatan penilaian yang bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang sedang atau yang sudah dilaksanakan. Jadi tes formatif tidak selalu berbentuk tes tertulis yang dilakukan tiap akhir pelajaran namun dapat dilakukan ketika pelajaran sedang berlangsung.

Penilaian Sumatif adalah penilaian yang dilakukan untuk memperoleh data atau informasi sampai dimana penguasaan atau pencapaian belajar siswa terhadap bahan pelajaran yang telah dipelajarinya selama jangka waktu tertentu (Purwanto, 2009:26). Tujuan dari penilaian sumatif untuk menentukan apakah siswa dapat melanjutkan ke tingkatan selanjutnya atau tidak dalam hal ini dapat berupa ke materi selanjutnya.

Pre-test dan Post-test

Pre test merupakan tes yang diberikan sebelum pembelajaran dimulai. Purwanto (2009:28) menyatakan bahwa pretest  merupakan tes yang diberikan tes yang diberikan sebelum pengajaran dimulai, dan bertujuan untuk mengetahui sampai dimana penugasan siswa terhadap bahan pengajaran (pengetahuan dan ketrampilan) yang akan diajarkan.

Post test merupakan tes yang diberikan pada akhir pembelajaran. Purwanto (2009:28) menyatakan bahwa post test bertujuan untuk mengetahui sampai dimana pencapaian siswa terhadap bahan pengajaran (pengetahuan maupun ketrampilan) setelah mengalami kegiatan belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *