Pengertian usaha tani adalah himpunan dari sumber-sumber alam yang diperlukan untuk  memproduksi pertanian seperti tanah, air, teknologi, pengolahan tanah, sinar matahari, bangunan-bangunan yang didirikan di atas tanah dan sebagainya. Ushaa tani dapat berupa usaha bercocok tanam atau memelihara ternak.

Ilmu usaha tani adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan pemakaian faktor-faktor produksi yang terdapat dalam keadaan terbatas, faktor tersebut seperti tanah, tenaga kerja, modal dan teknologi secara efisien, sehingga dapat diperoleh pendapatan maupun keuntungan yang optimal dari usaha tani yang dikelola secara kontinyu.

Produksi dalam Usaha Tani

Sesuai dengan pengertian tersebut maka kombinasi dari faktor-faktor tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk fungsi yang disebut fungsi produksi.

Q = f (X1, X2, X3 …Xn)

Keterangan :

Q                   = Tingkat produksi (output)

X1, X2, X3      = Berbagai input yang digunakan

Produksi pertanian tidak terlepas dari ketidakpastian (uncertainly), karena proses produksi dalam pertanian memerlukan jangka waktu tertentu. Pada jangka pendek, ada beberapa input yang tidak dapat diubah dengan cepat, tetapi dalam jangka panjang semua input dapat diubah, sehingga seorang petani yang ingin meningkatkan produksinya dapat merubah input yang dipakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *