Pengertian Transportasi Transportasi atau transpor adalah kegiatan atau aktivitas mengangkut atau memindahkan muatan seperti barang, hewan atau orang dari suatu tempat ke tempat lain atau satu daerah ke daerah lainny, atau dari tempat asal ke tempat tujuan. Tempat asal dapat merupakan daerah produksi, dan tempat tujuan adalah daerah konsumen (atau pasar). Tempat asal dapat pula merupakan daerah perumahan (permukiman), sedangkan tempat tujuannya adalah tempat bekerja, kantor, sekolah, kampus, rumah sakit, pasar, toko, pusat perbelanjaan, hotel, pelabuhan, bandar udara, dan masih banyak sekali yang lainnya, ataupun dalam arah sebaliknya, yaitu tempat tujuan merupakan tempat asal dan tempat asal merupakan tempat tujuan.
Transprotasi merupakan sarana penghubung atau yang menghubungkan antara daerah produksi dan pasar, atau dapat dikatakan mendekatkan daerah produksi dan pasar, atau seringkali dikatakan menjembatani produsen dengan konsumen. Peranan transportasi adalah sangat penting yaitu sebagai sarana penghubung, mendekatkan, dan menjembatani antara pihak-pihak yang saling membutuhkan.
Sangat pentingnya peranan transportasi dalam kehidupan manusia dan perekonomian, ada yang mengatakan bahwa :
·      Transportasi itu merupakan urat nadi perekonomian.
·      Transportasi adalah setua dengan peradaban manusia.
·      Transportasi merupakan faktor pem-bentuk pertumbuhan ekonomi wilayah.
·      Transportasi merupakan leading sector (sektor pendahulu, yang harus disediakan lebih dahulu dalam menunjang pembangunan).
·      Transportasi menciptakan peng-hematan waktu perjalanan yang sangat signifikan.
Ada pula slogan yang mengatakan bahwa: “negara yang menguasai transportasi global, maka negara tersebutlah yang akan mendominasi dunia (dalam perekonomian dan percaturan politik internasional)”. Jelaslah, pernyataan dan slogan di atas memperlihatkan betapa sangat pentingnya peranan transportasi dalam kehidupan manusia, perekonomian dan pembangunan regional, nasional, dan internasional).
Pentingnya peranan transportasi dalam kehidupan manusia sudah dirasakan sejak dari dahulu, mulai dari masyarakat primitif hingga zaman modern sekarang ini. Masyarakat primitif menyusuri sungai menggunakan rakit atau sampan, tetapi dalam zaman modern sekarang ini manusia berhasil mengarungi samudera luas menggunakan kapal-kapal laut berukuran besar dan berkecepatan tinggi. Pada permulaan abad ke-19 telah diketemukan sarana angkutan mobil (kendaraan bermotor), dan pada abad ke-20 telah digunakan pesawat udara yang berkecepatan tinggi dan berdaya muat besar, menghubungkan kota-kota besar antar benua.
Peranan transportasi dalam kehidupan manusia, perekonomian dan pembangunan semakin penting, dicerminkan oleh digunakannya sarana angkutan modern yang berkecepatan tinggi dan berkapasitas muat besar. Transportasi mempunyai peranan penting dan semakin bertambah penting, sejak zaman primitif sampai zaman modern sekarang ini, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa transportasi itu setua peradaban manusia, setua dengan keberadaan manusia di dunia (L.A. Schumer, 1968).
 
—– Semoga Bermanfaat Untuk Pelajar Indonesia —– 
 
Sumber Buku
Adisasmita, Sakti Adji “Transportasi dan Pengembangan Wilayah” Graha Ilmu Yogyakarta  2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *