Pengertian Teknik Kalimat Acak | Teknik Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri. ( Junaidin, 2011:1). Selanjutnya Sudaryanto (1993: 1.5), mengemukakan bahwa metode adalah cara yang harus dilaksanakan, sedangkan teknik adalah cara melaksanakan metode. Dan sebagai cara kejatian teknik ditentukan oleh adanya alat yang dipakai.

Jadi, teknik pembelajaran merupakan pelaksanaan apa yang sesungguhnya terjadi (dilakukan guru) untuk mencapai tujuan yang bersifat implementatif.

Sedangkan definisi dari kalimat acak adalah “ kalimat yang tidak beraturan dan menimbulkan kerancuan dalam memakai atau menafsirkannya, sehingga pembaca sulit memahami pesan yang terkandung dalam paragraf tersebut.” (Aqidah, 2010: 4)

Kosasih (2007: 147) menyatakan bahwa kalimat acak adalah kalimat yang cara penyusunanya tidak beraturan, baik dari segi struktur (kohesif) maupun maknanya (koherensi), sehingga pembaca kesulitan dalam menangkap ide yang terkandung dalam paragraf tersebut.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa teknik kalimart acak adalah cara yang digunakan oleh seorang guru dalam pengajaran keterampilan menulis dengan menggunakan kalimat yang susunannya tidak teratur ( acak ) . Dengan teknik ini siswa akan dengan mudah merangkai kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya sehingga membentuk paragraf deduktif yang kohesif dan koheren.

Daftar Pustaka 

Wawanjunaidin. 2011. Definisi Tehnik Pembelajaran. Artikel. http: // www.Infoque. Com ( 21 Oktober 2011)

Kosasih, E. 2007. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya

Aqidah. 2010. Pengertian-Kalimat Acak. Tulisan.html. http//: www. Ngajari. Com.( 29 Mei 2011).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *