Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan memberikan layanan literatur dan bahan referensi yang diperlukan oleh para pengguna. Dalam tata aturan perpustakaan, tujuan didirikannya perpustakaan adalah sebagai berikut:

  1. Menimbulkan rasa cinta untuk membaca.
  2. Memperluas dan memperdalam penguasaan ilmu pengetahuan.
  3. Mengembangkan kemampuan belajar.
  4. Membantu mengembangkan kemampuan bahasa dan daya pikir.
  5. Pemeliharaan bahan pustaka secara baik.
  6. Memberikan kemudahan temu kembali informasi.
  7. Menunjang kegiatan belajar dan mengajar.
  8. Tempat rujukan untuk mencari informasi guna pembuatan karya ilmiah maupun penelitian.

Perpustakaan adalah institusi yang menyediakan koleksi bahan pustaka tertulis, tercetak dan terekamsebagai pusat sumber informasi yang diatur menurut sistem aturan dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian serta rekreasi intelektual bagi masyarakat. Karena tujuannya memberi layanan informasi literal kepada masyarakat maka tugas pokoknya adalah:

  1. Menghimpun bahan pustaka yang meliputi buku dan nonbuku sebagai sumber informasi.
  2. Mengoalah dan merawat pustaka.
  3. Memberikan layanan bahan pustaka.

Perpusatakaan sebagai sentral pengetahuan tidak lepas dari fungsi untuk menyediakan sarana informasi dan ilmu pengetahuan. Kita dapat melihat ruangan perpustakaan begitu banyak koleksi-koleksi berbagai bidang ilmu yang tertata di rak. Bahkan banyak dari koleksi ini yang berwarna kuning karena sudah usang dimakan usia ataupun sebagian isi habis dimakan hewan (Rayap). Akan sangat mengharukan apabila ilmu-ilmu yang terkandung di dalam buku-buku tersebut hilang karena penyimpanan dan perawatan yang kurang baik, apalagi disebabkan oleh hewan yang kelaparan.

Kebutuhan akan teknologi informasi sangat berhubungan dengan peran perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan, tempat rujukan bagi para pencari ilmu dan pengembangan kaya-karya ilmiah. Dengan digunakannya teknologi informasi pergeseran kebudayaan berkembang seiring dengan meningkatnya minat untuk menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan manusia akan informasi. Tugas perpustakaan dalam menyebarkan informasi dengan jalan mengidentifikasikan, mengumpulkan, mengolah dan menyediakan untuk pendidikan maupun masyarakat luas.

Penerapan teknologi informasi di perpustakaan saat ini sudah menjadi ukuran untuk mengetahui tingkat kemajuan dari perpustakaan tersebut, bukan lagi pada besarnya gedung yang dipakai, banyaknya rak buku, ataupun berjubelnya pengguna. Semakin canggih dan otomatis kinerja perpustakaan maka semakin maju perpustakaan itu. Alasannya sederhana dengan teknologi informasi maka akan lebih banyak yang dikerjakan dan dilayani.

Selain itu juga penerapan teknologi informasi (TI) diperpustakaan merupakan wujud dari suatu perubahan layanan. Perubahan ini yang mendorong perpustakaan untuk melakukan modernisasi pelayanan dan menerapkan TI dalam aktifitas kesehariannya. Tuntutan perubahan yang semakin besar ini seakan menjadi ”Tantangan” bagi perpustakaan untuk berbenah dan selalu inovatif untuk dapat memberikan layanan yang terbaik melalui fasilitas TI.

Perkembangan perpustakaan banyak dipengaruhi oleh visi dan misi lembaga induknya. Sehingga apapun yang akan diterapkan dan dikembangkan oleh perpustakaan harus disesuaikan visi dan misi organisasi atau institusi itu sendiri. Hanya terkadang apa yang menjadi kepentingan institusi sepertinya ” Belum berpihak” banyak kepada kepentingan penggunanya. Perpustakaan masih belum menjadi prioritas bagi lembaga induknya dalam hal pendanaan dan pengembangan.

Sekian banyak koleksi perpustakaan tentu saja membutuhkan pengelolaan dan pemeliharaan agar tetap terjaga kelestarian pemanfaatannya. Pengelolaannya disini mencakup banyak segi, fisik, seperti penataan rak buku, meja baca, katalog, ruang diskusi, bagian administrasi, sampai dengan pengolaan segi nonfisik seperti tata cara peminjaman, menjadi anggota, tata tertib penggunaan perpustakaan dan sebagainya. (Wahyu Supriyanto, 2008: 14-19)

Jenis Perpusatakaan

Klasifikasi pembagian perpustakaan sesuai penerapan teknologi yang digunanakan yaitu sebagai berikut:

  1. Perputakaan tradisional yaitu perpustakaan yang sudah sering kita lihat dengan berbagai rak koleksi buku serta pencatatan manual oleh petugas pustakawan.
  2. Perpustakaan terotomasi yaitu perpustakaanyang dalam pengelolaannya (pencatatan, perekapan dan pencetakaan) sudah menggunakan teknologi komputer.
  3. Perpustakaan digital yaitu perpustakaan dengan sistem informasi manajemen menggunakan teknologi informasi ditambah koleksi-koleksi digital baik berupa jurnal, ebook, CD audio, maupun koleksi vidio. (Wahyu Supriyanto, 2008: 18)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *